Inilah Tips Untuk Mengetahui Gejala Alergi Deterjen

Inilah Tips Untuk Mengetahui Gejala Alergi Deterjen Deterjen Sabun Cuci
Img: sandiprasetyaningsih

(Tips untuk Mengenali Gejala Alergi Deterjen) – Deterjen merupakan alat Bantu yang biasa kita digunakan saat mencuci baju untuk membantu membersihkan kotoran yang melekat pada baju. Akan tetapi kandungan tertentu dari deterjen kadang dapat menimbulkan alergi. Apa sajakah gejala yang timbul dari alergi deterjen?

Alergi terhadap deterjen ini bisa terjadi secara mendadak setelah penggunaan yang intens. Gejala yang timbul akibat kontak langsung antara deterjen dengan kulitĀ  atau dari residu sabun yang tertinggal pada pakaian atau berbagai bahan lainnya.

Terkadang agak sulit untuk mendiagnosis alergi ini, karena pasien bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap berbagai bahan dalam produk pembersih seperti kontak dengan sabun, parfum atau komponen pembersih lainnya.

American Academy of Dermatology mengemukakan bahwa kandungan yang bisa menyebabkan iritasi adalah pewarna, wewangian dan pengawet. Bahan-bahan yang bisa berpotensi untuk menyebabkan alergi diantaranya termasuk sulingan minyak bumi, amonia, polimer dan surfaktan sintetik.

Gejala dari alergi deterjen yang biasa terjadi adalah kulit terasa gatal setelah kontak dengan deterjen, atau mengalami gatal pada bagian tubuh yang kontak langsung dengan pakaian, seperti Diwartakan dari Livestrong, Rabu (26/4/2017).

Apabila alergi yang muncul tersebut parah maka akan timbul respons inflamasi dengan mengirimkan histamin ke dalam aliran darah, sehingga timbul beberapa reaksi alergi seperti mengembangkan rasa panas, bengkak, kemerahan dan muncul ruam.

Peradangan juga bisa menyebar hingga ke daerah lain, tapi biasanya terasa sulit bagi pasien untuk menentukan kapan dirinya terkena alergi karena residu deterjen yang masih melekat di pakaian sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya.

(Mitra-Sehat-Keluarga-Indonesia---blogger)

(Mitra-Sehat-Keluarga-Indonesia—blogger)

alergi-deterjen (img: IrnAriyani---WordPress.com)

alergi-deterjen (img: IrnAriyani—WordPress.com)

iritasi-tangan-deterjen (img: tribunnews.com)

iritasi-tangan-deterjen (img: tribunnews.com)

Sebuah peneliti dari University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa beberapa bahan bisa bereaksi dengan residu deterjen yang tertinggal di pakaian serta menimbulkan alergi ketika kontak langsung dengan kulit dan pada waktu terkena sinar matahari.

Gejala lain yang bisa terjadi akibat iritasi dengan deterjen ini adalah kulit akan terasa kering dan pecah-pecah, kulit terasa gatal yang bisa menimbulkan lecet dan kulit seperti melepuh, serta juga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Untuk mengetahui apakah kita sedang mengalami alergi detejen atau tidak cobalah hentikan penggunaan deterjen selama beberapa hari, jika gejala yang timbul berkurang maka kemungkinan besar kita mengalami alergi terhadap deterjen yang digunakan. Apabila gejala dan dampak dari alergi semakin parah maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari gejala-gejala tersebut.

Top News

Ingin Kulit Sehat Tak Berjerawat? Kurangi Asupan Gula

Kesehatan – Penyebab kulit tak sehat dan tak cerah bukan hanya dari luar tubuh saja, namun juga dari dalam. Seperti halnya jerawat maupun…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh

Buah pisang kaya akan berbagai manfaat kebaikan bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko serangan stroke. Buah ini memiliki kandungan potasium dan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

3 Cara Jitu Atasi Pilek dan Flu

Kesehatan – Flu dan pilek merupakan salah satu gangguan kesehatan yang meresahkan, pasalnya penyakit ini sangat mudah sekali menular. Untuk mencegah terkena serangan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Lada Hitam Efektif Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Ketika Anda memasak sayur, telur, atau sekadar menumis sayuran, jangan ragu menambahkan lada hitam secukupnya. Selain menambah kualitas rasa pada masakan, lada hitam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tangkal Radikal Bebas dengan Buah Alpukat

Buah alpukat, radikal bebas adalah jenis oksigen yang berlebihan dalam tingkat relatif tinggi yang secara alami terdapat dalam tubuh sebagai hasil reaksi biokimia…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

8 Tips Supaya Tidur Lebih Sehat Dan Berkualitas

Tidur merupakan proses untuk mengistirahatkan anggota tubuh kita supaya tidak kelelahan dan overload. Tidur yang berkualitas menjadi dambaan setiap orang. Namun tingkat stres…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq