Inilah Tips Untuk Mengetahui Gejala Alergi Deterjen

Inilah Tips Untuk Mengetahui Gejala Alergi Deterjen Deterjen Sabun Cuci
Img: sandiprasetyaningsih

(Tips untuk Mengenali Gejala Alergi Deterjen) – Deterjen merupakan alat Bantu yang biasa kita digunakan saat mencuci baju untuk membantu membersihkan kotoran yang melekat pada baju. Akan tetapi kandungan tertentu dari deterjen kadang dapat menimbulkan alergi. Apa sajakah gejala yang timbul dari alergi deterjen?

Alergi terhadap deterjen ini bisa terjadi secara mendadak setelah penggunaan yang intens. Gejala yang timbul akibat kontak langsung antara deterjen dengan kulitĀ  atau dari residu sabun yang tertinggal pada pakaian atau berbagai bahan lainnya.

Terkadang agak sulit untuk mendiagnosis alergi ini, karena pasien bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap berbagai bahan dalam produk pembersih seperti kontak dengan sabun, parfum atau komponen pembersih lainnya.

American Academy of Dermatology mengemukakan bahwa kandungan yang bisa menyebabkan iritasi adalah pewarna, wewangian dan pengawet. Bahan-bahan yang bisa berpotensi untuk menyebabkan alergi diantaranya termasuk sulingan minyak bumi, amonia, polimer dan surfaktan sintetik.

Gejala dari alergi deterjen yang biasa terjadi adalah kulit terasa gatal setelah kontak dengan deterjen, atau mengalami gatal pada bagian tubuh yang kontak langsung dengan pakaian, seperti Diwartakan dari Livestrong, Rabu (26/4/2017).

Apabila alergi yang muncul tersebut parah maka akan timbul respons inflamasi dengan mengirimkan histamin ke dalam aliran darah, sehingga timbul beberapa reaksi alergi seperti mengembangkan rasa panas, bengkak, kemerahan dan muncul ruam.

Peradangan juga bisa menyebar hingga ke daerah lain, tapi biasanya terasa sulit bagi pasien untuk menentukan kapan dirinya terkena alergi karena residu deterjen yang masih melekat di pakaian sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya.

(Mitra-Sehat-Keluarga-Indonesia---blogger)

(Mitra-Sehat-Keluarga-Indonesia—blogger)

alergi-deterjen (img: IrnAriyani---WordPress.com)

alergi-deterjen (img: IrnAriyani—WordPress.com)

iritasi-tangan-deterjen (img: tribunnews.com)

iritasi-tangan-deterjen (img: tribunnews.com)

Sebuah peneliti dari University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa beberapa bahan bisa bereaksi dengan residu deterjen yang tertinggal di pakaian serta menimbulkan alergi ketika kontak langsung dengan kulit dan pada waktu terkena sinar matahari.

Gejala lain yang bisa terjadi akibat iritasi dengan deterjen ini adalah kulit akan terasa kering dan pecah-pecah, kulit terasa gatal yang bisa menimbulkan lecet dan kulit seperti melepuh, serta juga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Untuk mengetahui apakah kita sedang mengalami alergi detejen atau tidak cobalah hentikan penggunaan deterjen selama beberapa hari, jika gejala yang timbul berkurang maka kemungkinan besar kita mengalami alergi terhadap deterjen yang digunakan. Apabila gejala dan dampak dari alergi semakin parah maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari gejala-gejala tersebut.

Top News

Inilah Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda Setiap Hari

Walaupun banyak orang mentegahui bahwa minuman bersoda merupakan minuman yang tidak sehat, namun masih banyak yang tetap mengonsumsinya. Bahkan tak sedikit orang yang…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

3 Cara Mudah Untuk Kecilkan Lemak Betis

Menumpuknya lemak dalam tubuh disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya berat badan, salah satunya adalah penumpukan lemak dibagian betis. Dilansir dari Mag for Women berikut…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Berat Badan Dengan Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau memang sudah dipercaya memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, disamping mengandung antioksidan, beberapa penelitian diketahui bahwa teh hijau dapat menurunkan berat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Sehat ala Ubi Jalar yang Tak Bikin Gemuk

Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan alami tanpa bahan pengawet dan zat kimia merupakan keinginan setiap orang. Seperti diketahui bahwa banyak sekali…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Migrain / Kepala Nyut-nyutan? Tangkal Dengan Durian

Pernah merasakan nikmatnya memakan buah durian? jika belum cobalah menyantapnya untuk mendapatkan kenikmatan dan cita rasa yang khas dari buah ini. Disamping rasanya…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Daging sapi, Meski Berlemak Namun Tetap Menyehatkan

Seperti diketahui bahwa daging sapi merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Namun, tak jarang seseorang yang menghindari asupan daging sapi dengan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq