inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol

inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol Inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol(http://intisari-online.com)

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi dengan cara ditumis, dijadikan sup, atau bahkan digoreng menjadi semacam tempura sayuran. Namun nyatanya masih ada orang yang tidak suka mengonsumsi sayuran kembang kol. Padahal seperti yang diungkapkan oleh healthmeup.com, berikut ini merupakan khasiat dari mengonsumsi kembang kol.

Kaya akan nutrisi
Kembang kol kaya akan B-vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pentotenat dan asam folat. Kemabgn kol ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Kembang kol menyediakan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium.

Tinggi zat antioksidan
Kembang kol sangat kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien. Zat antioksidan akn menambah pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

Menyehatkan otak
Bukan hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi kembang kol ternyata juga dapat menyehatkan otak Anda. Hal ini karena kembang kol kaya akan kolin yang menghambat penurunan memori yang berhubungan dengan usia seta menambah fungsi kognitif bayi.

Mencegah kanker
Kembang kol adalah sumber sulforaphane-senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti yakin bila dengan menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin dapat mengendalikan kanker.

Mengandung zat anti-inflamasi
Indole-3-carbinol atau I3C adalah senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kembang kol. Zat ini dapat mencegah peradangan di dalam tubuh.

Menyehatkan pencernaan
Di dalam secangkir kembang kol mengandung 3,35 gram serat. Serat berguna untuk meningkatkan fungsi sestem pencernaan dan membantu melenyapkan lkimbah dalam tubuh. Selain itu kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang dimiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.
Memperbaiki jaringan tubuh
Kembang kol penuh akan antioksidan vitamin C, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C dibutuhkan untuk proses pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen.
Itulah khasiat yang tersembunyi dalam kembang kol. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi kembang kol bukan?

Top News

Minuman Ajaib, 8 Resep Simple Infused Water Membuat Kalori Rontok Dalam Sekejab!!

Dunia Kesehatan, di dalam dunia ini teknologi semakin hari semakin berkembang sehingga gaya hidup pun jadi ikut terpengaruh yang tidak sehat semua harus…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Tips Untuk Berhenti Merokok

(Tips Untuk Berhenti Merokok) – Bahaya merokok kini mengancam kesehatan manusia, hal ini telah diteliti dan dibuktikan banyak orang berbagai jenis racun yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Luruhkan Lemak Tubuh Dengan Sepak Bola

Tak jarang orang yang melakukan olah raga secara asal-asalan guna memperoleh manfaat menurunkan badan dan tak sedikit pula orang yang gemar melakukan olah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Oatmeal Bikin Jantung Lebih Sehat

Serat dan karbohidrat kompleks dalam oatmeal adalah resep utama untuk menahan perut kenyang sampai jam makan siang tiba. Sarapan oatmeal juga mampu memberikan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

3 Cara Mudah Untuk Kecilkan Lemak Betis

Menumpuknya lemak dalam tubuh disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya berat badan, salah satunya adalah penumpukan lemak dibagian betis. Dilansir dari Mag for Women berikut…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Telur Mentah Bikin Otot Lebih Kuat dan Berisi

Telur memang diketahui kaya akan antioksidan dan memiliki peran penting terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan dalam dua butir telur mentah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq