inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol

inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol Inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol(http://intisari-online.com)

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi dengan cara ditumis, dijadikan sup, atau bahkan digoreng menjadi semacam tempura sayuran. Namun nyatanya masih ada orang yang tidak suka mengonsumsi sayuran kembang kol. Padahal seperti yang diungkapkan oleh healthmeup.com, berikut ini merupakan khasiat dari mengonsumsi kembang kol.

Kaya akan nutrisi
Kembang kol kaya akan B-vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pentotenat dan asam folat. Kemabgn kol ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Kembang kol menyediakan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium.

Tinggi zat antioksidan
Kembang kol sangat kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien. Zat antioksidan akn menambah pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

Menyehatkan otak
Bukan hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi kembang kol ternyata juga dapat menyehatkan otak Anda. Hal ini karena kembang kol kaya akan kolin yang menghambat penurunan memori yang berhubungan dengan usia seta menambah fungsi kognitif bayi.

Mencegah kanker
Kembang kol adalah sumber sulforaphane-senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti yakin bila dengan menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin dapat mengendalikan kanker.

Mengandung zat anti-inflamasi
Indole-3-carbinol atau I3C adalah senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kembang kol. Zat ini dapat mencegah peradangan di dalam tubuh.

Menyehatkan pencernaan
Di dalam secangkir kembang kol mengandung 3,35 gram serat. Serat berguna untuk meningkatkan fungsi sestem pencernaan dan membantu melenyapkan lkimbah dalam tubuh. Selain itu kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang dimiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.
Memperbaiki jaringan tubuh
Kembang kol penuh akan antioksidan vitamin C, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C dibutuhkan untuk proses pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen.
Itulah khasiat yang tersembunyi dalam kembang kol. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi kembang kol bukan?

Top News

Olahraga Ini Efektif Turunkan Berat Badan (Obesitas)

Rajin berolahraga adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Disamping itu, olahraga juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Efektifkah Pasta Gigi (Odol) Untuk Menghilangkan Jerawat?

Jerawat merupakan suatu keadaan dimana terinfeksinya kelenjar pilosebaceous pada kulit. Ketika terjadi infeksi pada kulit wajah, maka beberapa hal yang dapat terjadi adalah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cara menjaga jantung anda agar tetap sehat

Jantung merupakan organ vital yang berpengaruh terhadap aspek kesehatan tubuh kita. Jantung yang berfungsi untuk memompa darah agar mengalir ke semua organ tubuh…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Diabetes? Jangan Mengonsumsi Buah Nanas Berlebihan

Ketika sedang lapar, terkadang seseorang ingin mengunyah makanan cemilan seperti kue, keripik dan coklat. Supaya badan tetap sehat, banyak orang yang mengganti makanan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tubuh Gemuk, Dipengaruhi Oleh Faktor Ini

Tubuh gemuk, siapa yang tubuhnya menjadi gemuk berlebihan? tentu tidak ada yang menginginkannya. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan supaya tubuh tetap…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita

Minuman kopi memang memiliki segudang manfaat. Diantaranya, kopi juga dipercaya mampu mengurangi resiko terkena penyakit stroke bagi wanita. Penyakit stroke adalah penyakit yang…

Dian Kartika Dian Kartika