inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol

inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol Inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol(http://intisari-online.com)

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi dengan cara ditumis, dijadikan sup, atau bahkan digoreng menjadi semacam tempura sayuran. Namun nyatanya masih ada orang yang tidak suka mengonsumsi sayuran kembang kol. Padahal seperti yang diungkapkan oleh healthmeup.com, berikut ini merupakan khasiat dari mengonsumsi kembang kol.

Kaya akan nutrisi
Kembang kol kaya akan B-vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pentotenat dan asam folat. Kemabgn kol ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Kembang kol menyediakan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium.

Tinggi zat antioksidan
Kembang kol sangat kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien. Zat antioksidan akn menambah pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

Menyehatkan otak
Bukan hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi kembang kol ternyata juga dapat menyehatkan otak Anda. Hal ini karena kembang kol kaya akan kolin yang menghambat penurunan memori yang berhubungan dengan usia seta menambah fungsi kognitif bayi.

Mencegah kanker
Kembang kol adalah sumber sulforaphane-senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti yakin bila dengan menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin dapat mengendalikan kanker.

Mengandung zat anti-inflamasi
Indole-3-carbinol atau I3C adalah senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kembang kol. Zat ini dapat mencegah peradangan di dalam tubuh.

Menyehatkan pencernaan
Di dalam secangkir kembang kol mengandung 3,35 gram serat. Serat berguna untuk meningkatkan fungsi sestem pencernaan dan membantu melenyapkan lkimbah dalam tubuh. Selain itu kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang dimiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.
Memperbaiki jaringan tubuh
Kembang kol penuh akan antioksidan vitamin C, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C dibutuhkan untuk proses pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen.
Itulah khasiat yang tersembunyi dalam kembang kol. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi kembang kol bukan?

Top News

Minum Kopi dengan Bijak, Sehatkan Hati

Kesehatan – Minum secangkir kopi di pagi hari tidak hanya sekedar dapat menghadang kantuk saja, namun juga mampu menyehatkan hati, demikian temuan dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pestisida, Tingkatkan Resiko Terkena Penyakit Alzheimer

diwarta.com – Penyakit Alzheimer adalah sebuah kondisi neurologis yang ditunjukkan dengan gejala penurunan daya ingat serta penilaian secara bertahap. Salah satu dari sekian…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tangkal Penyakit dengan Rajin Cuci Tangan

diwarta.com – Tangan adalah tempat berkumpulnya berbagai bibit penyakit untuk lebih mudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya adalah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Langkah mudah mencegah Diabetes Sejak Dini

diwarta.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi manusia saat ini. Penyakit ini ditandai dengan tidak dapat atau kurangnya tubuh,…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Wow, Kodok Kecil Ini Bisa Bunuh Manusia Terkuat

Kata-kata yang kecil belum tentu kalah dengan yang besar mungkin ada benarnya. Kata-kata itu juga tercermin dalam seekor katak asal Pico Bonito National…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil

(Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil) – Saat memutuskan Hamil, Kebanyakan wanita tidak melakukan tes kesehatan. Padahal tes kesehatan ini memiliki fungsi yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq