inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol

inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol Inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol(http://intisari-online.com)

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi dengan cara ditumis, dijadikan sup, atau bahkan digoreng menjadi semacam tempura sayuran. Namun nyatanya masih ada orang yang tidak suka mengonsumsi sayuran kembang kol. Padahal seperti yang diungkapkan oleh healthmeup.com, berikut ini merupakan khasiat dari mengonsumsi kembang kol.

Kaya akan nutrisi
Kembang kol kaya akan B-vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pentotenat dan asam folat. Kemabgn kol ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Kembang kol menyediakan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium.

Tinggi zat antioksidan
Kembang kol sangat kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien. Zat antioksidan akn menambah pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

Menyehatkan otak
Bukan hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi kembang kol ternyata juga dapat menyehatkan otak Anda. Hal ini karena kembang kol kaya akan kolin yang menghambat penurunan memori yang berhubungan dengan usia seta menambah fungsi kognitif bayi.

Mencegah kanker
Kembang kol adalah sumber sulforaphane-senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti yakin bila dengan menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin dapat mengendalikan kanker.

Mengandung zat anti-inflamasi
Indole-3-carbinol atau I3C adalah senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kembang kol. Zat ini dapat mencegah peradangan di dalam tubuh.

Menyehatkan pencernaan
Di dalam secangkir kembang kol mengandung 3,35 gram serat. Serat berguna untuk meningkatkan fungsi sestem pencernaan dan membantu melenyapkan lkimbah dalam tubuh. Selain itu kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang dimiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.
Memperbaiki jaringan tubuh
Kembang kol penuh akan antioksidan vitamin C, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C dibutuhkan untuk proses pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen.
Itulah khasiat yang tersembunyi dalam kembang kol. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi kembang kol bukan?

Top News

Oatmeal Bikin Jantung Lebih Sehat

Serat dan karbohidrat kompleks dalam oatmeal adalah resep utama untuk menahan perut kenyang sampai jam makan siang tiba. Sarapan oatmeal juga mampu memberikan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ubi Jalar, Bantu Tingkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Siapa yang mengira jika ubi jalar ternyata memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Disamping harganya yang murah, sumber pangan yang satu ini juga…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Rifampisin Obat Antibiotik untuk Penyakit TBC

diwarta.com –  Rifampisin adalah salah satu obat antibiotik TBC yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Rifampicin sering digunkan untuk pengobatan tuberculosis (TBC). Obat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Khasiat Bunga Mawar yang jarang diketahui

Kelopak bunga mawar tak hanya sedap dipandang, namun siapa sangka dibalik keindahan bunga mawar ternyata tersimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kelopak…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Minyak Tea Tree Simpan Khasiat Yang Baik Untuk Kesehatan

Minyak tea tree yang bernama latin Melaleuca Alternifolia adalah minyak kesehatan yang sekarang makin terkenal. Salah satu jenis minyak esensial ini sangat bermanfaat…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Boleh Tua Tapi Tetap Digemari

Saat ini pola makan plant-based menjadi ngetren di kalangan masyarakat. Pola makan dengan sumber makanannya berasal dari tanaman ini ternyata sangat sehat karena…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo