Kecambah Murah Harganya, Namun Manfaatnya Luar Biasa

Kecambah Murah Harganya, Namun Manfaatnya Luar Biasa Kecambah Murah Harganya, Namun Manfaatnya Luar Biasa(img:duniafitnes.com)

Kecambah sering dijadikan pelengkap dalam makanan, tapi ternyata kecambah memiliki manfaat yang tak dapat diremehkan. Kecambah merupakan salah satu makanan yang murah dan kaya akan nutrisi. Di dalamnya terkandung banyak protein, vitamin, mineral, serta serat diet yang bagus untuk tubuh.

Kecambah kaya akan vitamin, seperti vitamin B, C, dan karotein. Makanan ini juga membantu proses penyerapan mineral dalam tubuh menjadi lebih baik. Berikut ini merupakan manfaat kesehatan yang dapat didapatkan dengan mengonsumsi kecambah, seperti yang diungkapkan oleh Health Site (2/3/2015).

Mengontrol gula darah
Kecambah mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga tidak berbahaya bagi gula darah. Mengonsumsi kecambah dapat membantu menjaga gula darah stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2 dan juga penyakit kardiovaskular.

Mudah dicerna
Mayoritas orang mengeluh tidak dapat mencerna biji-bijian atau kacang-kacangan dengan baik. Hal ini tak berlaku pada kecambah. Kecambah mudah dicerna dan sangat bermanfaat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Kecambah kaya akan enzim dan dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, kecambah juga mengurangi zat anti-enzim yang menyusahkan pencernaan.

Menjaga keseimbangan asam-basa tubuh
guna menjaga kesehatan tubuh, kita perlu mengonsumsi asam dan basa secara seimbang. Kacang-kacangan dan biji-bijian terlalu asam jadi harus diimbangi dengan mengonsumsi alkali seperti buah dan sayur. Salah satu makanan alkali yang mampu menyeimbangkan asam-basa tubuh adalah kecambah.

Tidak menyebabkan kembung
Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran dapat mengakibatkan produksi gas dalam lambung meningkat. Hal ini dapat dihindari bila anda mengonsumsi kecambah. Kecambah tidak akan memicu produksi gas dalam tubuh. Sebab, makan kecambah dapat menurunkan risiko terkena masalah pada pencernaan yang berkaitan dengan kelebihan gas dalam perut.

Membantu diet
Kecambah merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan guna membantu mengurangi berat badan. Disamping itu, kecambah juga lengkap akan vitamin dan serat yang akan membantu anda cepat kenyang serta mengurangi keinginan anda untuk ngemil. Karena itu, kecambah sangat baik untuk anda yang sedang dalam proses diet. Kecambah hanya mengandung sedikit kalori.

Itulah beberapa manfaat yang tersembunyi dengan mengonsumsi kecambah. Jangan ragu lagi untuk memadukan kecambah pada makanan yang akan anda konsumsi.

Top News

Dengarkan musik kesayangan, Jadikan Jantung Lebih Sehat

Kesehatan – Anda termasuk orang menyukai musik? Pastikan Anda memiliki lagu kesayangan. Dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa mendengarkan musik tidak hanya menenangkan pikiran…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Kandungan Lektin Pada Pisang Dapat Menghambat Virus HIV

(Kandungan Lektin Pada Pisang Dapat Menghambat Virus HIV) – Dalam penelitian para ahli menunjukkan bahwa pisang memiliki zat lektin sebagai penghambat infeksi virus…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Atasi Depresi dengan Coklat Hitam

Depresi sering menghampiri terhadap seseorang, terutama yang memiliki beban pikiran berat, aktivitas yang padat sehingga dapat menurunkan kesehatan mental dan emosional. Depresi adalah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ubi Jalar, Bikin Jantung Lebih Sehat

Siapa yang tidak kenal dengan ubi jalar, bahan pangan ini hampir bisa ditemui dipasar-pasar terdekat. Meskipun harganya murah ternyata ubi jalar memiliki banyak…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Kurang Tidur Picu Datangnya Penyakit Stroke

Telah banyak penelitian yang menemukan bahaya dari kurang tidur. Kurang tidur dapat mengakibatkan berabagai macam komplikasi seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Disamping…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Kekurangan Yodium Sebabkan Kelainan Kelenjar Tiroid

Yodium dalam kesehatan memiliki peranan sebagai bahan baku untuk memproduksi hormon tiroid. Sintesis serta sekresi hormon T3 dan T4 ini diatur oleh hormon…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq