Tak Selamanya Lemak Ancam Kesehatan Anda

Tak Selamanya Lemak Ancam Kesehatan Anda Tak Selamanya Lemak Ancam Kesehatan Anda(img:omnieye.ca)

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, lemak seringkali menjadi musuh utama yang ingin dihilangkan. Tapi tidak semua jenis lemak harus dimusuhi. Lemak memang buruk bila dikonsumsi berlebihan. Namun, lemak juga dibutuhkan tubuh, dan hal ini yang tidak banyak diketahui orang.

Ada dua jenis lemak, yaitu lemak baik dan lemak buruk. Hal ini sangat bergantung pada komposisi lemak itu sendiri. Lemak trans, merupakan contoh lemak yang harus dihindari. Tapi ada juga jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh, seperti asam lemak omega3. Asam lemak ini sangat dibutuhkan tubuh dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut merupakan beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dengan mengonsumsi asam lemak, seperti yang diungkapkan oleh Health Site (1/3/2015).

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
    Omega-3 ternyata mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Asam lemak omega-3 sangat efektif mengurangi kolesterol buruk. Kolesterol buruk bersumber dari lemak jenuh seperti yang terdapat pada minyak kelapa dan lainnya.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Asam lemak efektif untuk meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh. Asam lemak mempunyai zat yang mampu mencegah jamur, bakteri, dan peradangan.
  • Mengontrol pertumbuhan sel kanker
    Asam lemak memiliki zat anti kanker yang efektif guna mencegah tumbuhnya sel kanker jahat dalam tubuh. Asam lemak sangat efektif untuk beberapa jenis kanker seperti kanker pankreas dan prostat. Sebuah penelitian menemukan bahwa lemak trans yang di dalamnya terkandung asam lemak omega-6 dapat menurunkan risiko kanker. Asam lemak omega-6 sama pentingnya dengan asam lemak omega-3.
  • Meningkatkan fungsi otak
    Asam lemak ternyata efektif guna mencegah osteoporosis dan melindungi otak agar tetap berfungsi dengan baik. Sebab otak tersusun atas kolesterol dan asam lemak esensial, kekurangan asam lemak esensial dapat mengurangi kemampuan otak dan menganggu fungsinya.
  • Meningkatkan kesuburan
    Hormon reproduksi pada tubuh manusia terbentuk dari lemak esensial. Sebab, kekurangan asam lemak esensial dapat mengakibatkan problem pada kesuburan dan kesehatan reproduksi pria dan wanita. Diantaranya dapat mengganggu siklus menstruasi menopause, dan lainnya.
  • Menjaga keseimbangan gula darah
    Asam lemak diketahui mampu menjaga pembakaran lemak dan tingkat metabolisme tubuh. Pada pasien diabetes, asam lemak juga sangat bermanfaat guna menjaga kestabilan gula darah. Lemak esensial juga membantu pembentukan otot dan menjaga keseimbangan hormon pada darah.

Itulah beberapa hal yang membuktikan bahwa lemak tak selalu menjadi hal yang harus dimusuhi. Beberapa jenis lemak bahkan baik dan sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh dan juga penting untuk banyak proses dalam tubuh manusia. Lemak juga sangat diperlukan untuk dibakar dan memproduksi energi.

Top News

Tingkatkan Energi Tubuh Dengan Mengontrol Asupan Kopi

Energi tubuh adalah salah satu unsur yang bisa membantu seseorang untuk melakukan ketiagan sehari-hari. Oleh sebab itu, sebaiknya energi dalam tubuh harus tetap…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Teh Hijau Mampu Mengurangi Obesitas (Menurunkan Berat Badan)

Teh Hijau Mampu Mengurangi Obesitas (Menurunkan Berat Badan) –  Teh hijau dipercaya mampu mengurangi kandungan lemak, terutama lemak yang bersarang disekitar pinggang. Dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Waspadai Residu Pestisida dan Antibiotik Dalam Bahan Makanan Anda !

Residu Pestisida Pestisida merupakan senyawa (substansi) kimia yang banyak digunakan petani untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman pertanian (tanaman pangan, buah dan sayuran)….

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Cegah Hipertensi dengan Ikan Salmon

Hypertensi – Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tekstur khas dan rasa yang nikmat. Selain itu ikan ini juga kaya…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit

Ketika seseorang dalam waktu yang lama pada posisi tertentu, terkadang tubuh merasa jadi lebih kaku. Sewaktu seseorang bekerja dikantor, beberapa orang berada di…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Mencegah Osteoporosis dengan Vitamin D

Osteoporosis adalah penyakit yang dapat dicegah, dengan mengkonsumsi vitamin D harian sebesar 200-400 unit, maka dapat menurunkan risiko terkena serangan Osteoporosis. Disamping itu…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq