Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin Ini Bahayakan Kesehatan Janin Anda

Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin Ini Bahayakan Kesehatan Janin Anda Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin Ini Bahayakan Kesehatan Janin Anda(img:tubuhwanita.com)

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Saat hamil, wanita harus memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk tubuhnya agar kesehatannya tetap terjaga, begitu pula dengan janin yang terdapat dalam kandungannya.

Walau begitu, ada beberapa vitamin yang ternyata kurang baik dikomsumsi bagi para ibu hamil. Para ahli membuktikan bahwa ibu hamil sebaiknya membatasi penggunaan vitamin A.

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A saat hamil dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sel darah dan berbahaya bagi janin. Walaau ibu hamil membutuhkan vitamin A guna menjaga kehamilan agar tetap sehat, tapi para ahli menganjurkan agar konsumsi vitamin A dibatasi.

Seperti yang diungkapkan oleh Health Site (28/2/2015) bahwa hasil penelitian ini diperoleh dari peneliti dari Lund University. Penelity mengamati kenaikan jumlah asam retinoic yang dapat mengurangi produksi sel darah. Asam retinoic merupakan salah satu produk vitamin A yang berguna untuk mengontrol perkembangan jenis jaringan pada janin. Pengurangan asam retinoic akan meningkatkan produksi sel darah hingga 300%.

“Penelitian yang kami lakukan ini menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin A berlebihan akan beradampak negatif pada perkembangan sel darah. Hal ini memberikan acuan bagi wanita hamil guna membatasi konsumsi vitamin A mereka demi kesehatan janinnya,” jelas peneliti Noels-Bjarne Woos dari Lund Universty, Swedia.

Sebelumnya peneliti sudah menemukan hal ini terjadi pada hewan. Tapi ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan pada manusia dan telah menunjukkan hasil yang sama. Bagi para ibu hamil, baiknya mulai memperhatikan konsumsi vitamin dan nutrisi anda. Jangan sampai kurang ataupun berlebihan.

Top News

Roti Hangus Jadi Pereda Kembung?

Perut kembung, sakit, mual hingga sembelit dipagi hari mungkin hampir setiap hari menghampiri mereka yang memiliki dengan gangguan kesehatan diperut. Bagi anda yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ingin Kulit Sehat Tak Berjerawat? Kurangi Asupan Gula

Kesehatan – Penyebab kulit tak sehat dan tak cerah bukan hanya dari luar tubuh saja, namun juga dari dalam. Seperti halnya jerawat maupun…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Khasiat Daun Zaitun Tak Kalah Saing

Mayoritas orang telah mengetahui bahwa buah dan minyak zaitun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun zaitun juga sangat bermanfaat….

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Kecambah Murah Harganya, Namun Manfaatnya Luar Biasa

Kecambah sering dijadikan pelengkap dalam makanan, tapi ternyata kecambah memiliki manfaat yang tak dapat diremehkan. Kecambah merupakan salah satu makanan yang murah dan…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Pola makan remaja pengaruhi kesehatan di masa datang

Ternyata Remaja Memiliki Porsi Buah dan Sayuran yang berbeda-beda, pola makan pada remaja yang tidak selalu terpantau oleh orangtua dibandingkan jika saat masih…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Daging Kalkun Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Di Indonesia, walaupun kalkun tak begitu populer. Namun jika Anda sudah tak lagi berbminat dengan menu unggas yang sama setiap hari, tidak ada…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq