Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung

Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung(img:kompas.com)

Semua orang pasti pernah marah. Tapi berhati-hatilah bila anda suka mengumbar kemarahan. Karena sebuah penelitian membuktikan bahwa kemarahan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Peneliti menemukan bukti bahwa marah besar dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 8 kali lipat.

Parahnya lagi, untuk orang yang punya tingkat kecemasan yang tinggi, risiko terjangkit serangan jantung dalam waktu satu jam setelah kemarahan akan meningkat sembilan setengah kali lipat. Penelitian telah membuktikan bahwa pasien yang terkena serangan jantung dan dibawa ke rumah sakit sebelumnya telah mengalami serangkaian kecemasan dan kemarahan.

Bagaimana kemarahan dapat memicu serangan jantung? Dr Thomas buckley menuturkan bahwa kemarahan dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, mempersempit pembulu darah, dan memperbesar kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga memicu serangan jantung.

Seperti yang diungkapkan oleh Daily Mail (28/2/2015) bahwa saat ini peneliti semakin banyak mendapati kaitan antara emosi yang berlebihan dengan serangan jantung. Emosi yang berlebihan maka semakin tinggi pula risiko terkena serangan jantung.

Bukti ini didapatkan peneliti setelah mengamati 313 pasien yang menderita penyumbatan arteri. Dan ternyata pasien merasa marah dalam rentang waktu 48 jam sebelum mengalami serangan jantung dan penyumbatan arteri.

Skala kemarahan partisipan dalam penelitian ini dinilai dengan skala tujuh poin. Sesudah mengetahui penelitian ini, baiknya anda hati-hati saat marah. Kendalikan kemarahan anda supaya tidak berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terutama mengakibatkan serangan jantung.

Top News

Cegah Anemia dengan Zat Besi (Fe)

Zat besi adalah zat dalam tubuh manusia yang memiliki kaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Zat Besi Dalam tubuh manusia mempunyai…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ingin Semangat di Pagi Hari? Konsumsi Makanan Ini!

Kebugaran – Semua jenis makanan yang kita konsumsi, tentunya sangat berpengaruh terhadap kesenangan hati kita. Terlebih ketika makanan yang kita santap di pagi…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Gigi nampak putih hanya dengan 5 cara

Baru-baru ini memang telah ada banyak cara mudah dan praktis untuk menciptakan gigi terlihat lebih putih. Akan tetapi, bagi beberapa orang merasa tidak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Kuatkan Paru dengan Bernyanyi

Kesehatan – Anda termasuk seseorang yang suka mendengarkan musik? Jangan lupa untuk ikut menyanyikan dengan lantang lagu-lagu kesukaan. Hal tersebut disebabkan karena menyanyi…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Khasiat Cabe Rawit Pedas, Sembuhkan Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang termasuk mematikan selain HIV/AIDS atapun kanker di dunia. Tapi ternyata terdapat hal yang mudah dilakukan namun…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Kebal antibiotik, WHO kembangkan antibiotik baru

diwarta.com – WHO mengatakan jenis antibiotik baru harus segera dikembangkan. Dimana WHO memperingatkan bahwa kekebalan terhadap antibiotik menjadi ancaman global bagi kesehatan masyarakat….

Ahmad Zainudin Ahmad Zainudin