Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung

Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung(img:kompas.com)

Semua orang pasti pernah marah. Tapi berhati-hatilah bila anda suka mengumbar kemarahan. Karena sebuah penelitian membuktikan bahwa kemarahan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Peneliti menemukan bukti bahwa marah besar dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 8 kali lipat.

Parahnya lagi, untuk orang yang punya tingkat kecemasan yang tinggi, risiko terjangkit serangan jantung dalam waktu satu jam setelah kemarahan akan meningkat sembilan setengah kali lipat. Penelitian telah membuktikan bahwa pasien yang terkena serangan jantung dan dibawa ke rumah sakit sebelumnya telah mengalami serangkaian kecemasan dan kemarahan.

Bagaimana kemarahan dapat memicu serangan jantung? Dr Thomas buckley menuturkan bahwa kemarahan dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, mempersempit pembulu darah, dan memperbesar kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga memicu serangan jantung.

Seperti yang diungkapkan oleh Daily Mail (28/2/2015) bahwa saat ini peneliti semakin banyak mendapati kaitan antara emosi yang berlebihan dengan serangan jantung. Emosi yang berlebihan maka semakin tinggi pula risiko terkena serangan jantung.

Bukti ini didapatkan peneliti setelah mengamati 313 pasien yang menderita penyumbatan arteri. Dan ternyata pasien merasa marah dalam rentang waktu 48 jam sebelum mengalami serangan jantung dan penyumbatan arteri.

Skala kemarahan partisipan dalam penelitian ini dinilai dengan skala tujuh poin. Sesudah mengetahui penelitian ini, baiknya anda hati-hati saat marah. Kendalikan kemarahan anda supaya tidak berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terutama mengakibatkan serangan jantung.

Top News

Langsingkan Badan Dengan Olah Raga Renang

Berat badan merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung yang disebabkan karena berlebihnya lemak dalam tubuh. Rutin olah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Risiko Serangan Kanker Kulit dengan Kafein

(Turunkan Risiko Serangan Kanker Kulit dengan Kafein) – Kanker kulit pada umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari dengan sinar ultraviolet yang berlebihan. Tidak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Diabetes dapat dipicu oleh tingginya Asam Urat

diwarta.com – Diabetes dapat dipicu oleh tingginya Asam Urat) – Orang yang memiliki asam urat tinggi disebut (GOUT), oleh sebab itu sebaiknya memastikan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Jambu Biji Merah

Pada umumnya jambu biji merah banyak diburu dan dikonsumsi ketika seseorang diantara mereka terkena serangan demam berdarah gengue atau yang dikenal sebutan DBD….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Mengunyah Permen Karet Rusak Memori Jangka Pendek

Pada penelitian sebelumnya telah diketahui bahwa mengunyah permenkaret mampu meningkatkan otak dalam hal memori. Akan tetapi, pada penelitian terbaru justru diketahui sebaliknya. Temuan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Batuk Akut Picu Serangan Bronkhitis

Bronkhitis, Batuk merupakan sesuatu hal yang wajar, namun kebanyakan orang meremahkan sakit batuk dan malas berobat karena beranggapan akan sembuh dengan sendirinya. Memang,…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq