Waspada, Bahaya Merokok Perpendek Usia

Waspada, Bahaya Merokok Perpendek Usia Waspada, Bahaya Merokok Perpendek Usia(img:unair.ac.id)

Dari dulu peneliti telah mengaitkan kebiasaan merokok dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingg kanker. Tapi kali ini peneliti kembali menemukan efek negatif dari kebiasaan merokok bagi kaum pria.

Sebuah penelitian dari Uppsala University, Swedia, mengunkapkan bahwa kebiasaan merokok dapat menghilangkan kromosom Y yang dimiliki oleh kaum pria saat mereka semakin menua. Lalu, apa yang akan terjadi saat para pria telah kehilangan kromosom Y pada sel darah mereka?

Seperti yang diungkapakan oleh Health Me Up (23/2/2015) bahwa kehilangn kromosom Y tidak bisa dianggap remeh. Terungkap dalam sebuah penelitian sebelumnya bahwa kehilangan kromosom Y dapat memicu serangan kanker dan mempercepat kematian pada pria.

Dikarenakan kaum pria memiliki kromosom Y, maka hasil penilitian ini dapat memberikan penjelasan kenapa pria memiliki risiko lebih besar terkena kanker akibat kebiasaan merokok. Selain itu juga menjelaskan kenapa pria yang menjadi perokok berat memiliki usia yang relatif lebih pendek.

“Selain berbagai faktor yang kami teliti, seperti usia, tekanan darah, diabetes, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, dan merokok, Kami temukan hilangnya kromosom Y pada sel darah lebih banyak terkadi pada pria yang merokok daripada pria yang tidak merokok,” Jelas peneliti Lars Forsberg.

Perokok berat mengalami hilangnya kromosom Y lebih banyak daripada perokok biasa. Selain itu, hal ini juga ditemukan pada orang yang pernah merokok dan sudah berhenti. Walupun begitu, peneliti belum memastikan kenapa kebiasaan merokok dapat menghilangkan kromosom Y pada sel darah sehingga memicu kanker dan memperpendek usia pria.

Salah satu kemungkinan yang diungkap oleh penelitti yaitu sel kekebalan tubuh yang telah kehilangan kromosom Y akan kehilangan kemampuan dalam menghalau penyakit, termasuk menghalau kanker. Hal ini juga merupakan alasan bagi pria agar berhenti merokok.

Top News

Makanan Berikut Efektif Bakar Lemak Ketika Tidur

Siapa yang sangka kalau tidur juga dapat membakar lemak dalam tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi efektif bantu bakar lemak dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

5 Makanan Yang Berkhasiat Seperti Obat

Disamping mengenyangkan, beberapa makanan banyak yang memiliki manfaat atau khasiat untuk kesehatan. Dalam jenis sayur-sayuran dan buah-buahan tertentu masing-masing mempunyai keunggulan yang mampu…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Lancarkan Metabolisme tubuh dengan Makan Ubi Jalar

Tak banyak yang tahu jika dalam ubi jalar terdapat vitamin C. Vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disamping itu,…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Ini Dia Cara Alami Tubuh Atasi Cuaca Dingin

diwarta.com – Apa anda merasakan kedinginan beberapa waktu terakhir ini? Walaupun nampak sepele cuaca dingin juga dapat membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian….

Reyno Nur Fahreza Reyno Nur Fahreza

Sehatkan Jantung Dengan Olahraga Teratur

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, dikarenakan jika terjadi kerusakan dalam organ ini dapat menyebabkan kematian. Menjaga kesehatan jantung supaya jantung…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Dengarkan musik kesayangan, Jadikan Jantung Lebih Sehat

Kesehatan – Anda termasuk orang menyukai musik? Pastikan Anda memiliki lagu kesayangan. Dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa mendengarkan musik tidak hanya menenangkan pikiran…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq