10 Khasiat Yang Tersembunyi dalam Buah Tin

10 Khasiat Yang Tersembunyi dalam Buah Tin Gambar buah TIN (img: driedfigs.org)

Manfaat dan khasiat buah TIN (Ficus Carica) terhadap kesehatan – Dikutip dari Wikipedia.com, Tin atau Ara (Ficus carica. L)adalah sejenis tumbuhan penghasil buah Tin yang dapat dikonsumsi. Asal tumbuhan ini adalah dari Asia Barat. Buah Tin biasa dimakan segar, dikeringkan atau dibuat selai. Buah yang baru dipetik harus segera dimanfaatkan karena mudah rusak. Rasa buahnya manis, dengan ditandai semakin tua semakin gelap/hitam warna kulitnya serta semakin manis rasanya.

Buah Tin mengandung kandungan yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga sangat menguntungkan jika dikonsumsi secara rutin. Dirangkum dari beberapa artikel, berikut manfaat dan khasiat mengkonsumsi buah Tin bagi kesehatan:

1. Mencegah dan Mengatasi insomnia (sulit tidur)
Buah Tin mengandung asam amino Tryptophan. Asam amino ini berperan dalam menciptakan kualitas tidur yang baik, sehingga insomnia dapat dicegah dan diobati.

2. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Tubuh dan Mencegah Osteoporosis.
Buah Tin kaya akan Kalsium, sehingga dengan mengkonsumsi buah Tin dapat memenuhi kebutuhan asupan Kalsium bagi tubuh. Selain itu, dapat dijadikan alternatif pengganti susu sebagai sumber kalsium, bagi yang alergi terhadap susu. Dengan terpenuhinya asupan kalsium tubuh, kepadatan tulang akan baik serta osteoporosis dapat dicegah dan dihindari.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Kandungan Pectin dalam buah Tin berperan dalam melarutkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga kadarnya dapat turun dan sirkulasi darah akan lancar.

4. Mencegah Jantung Koroner dan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan Omega-3, Omega-6 serta Kalium dari buah Tin berperan dalam mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi yang dapat berakibat serangan stroke.

5. Mencegah Obesitas dan Menurunkan Berat Badan
Buah Tin mengandung serat soluble (jenis serat yang dapat larut dalam air) yang dapat membentuk gel dalam lambung ketika mengkonsumsinya. Dengan terbentuknya gel dalam lambung, otomatis rasa lapar akan tertunda lebih lama dan berdampak pada pengontrolan berat badan. Sehingga dengan mengkonsumsi buah Tin Obesitas dapat terhindari serta sangat baik untuk program menurunkan berat badan.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan (Sembelit Kronis).
Selain mengandung serat soluble, buah Tin juga mengandung serat insoluble yang dapat berperan sebagai efek pencahar dalam membersihkan saluran pencernaan dari sisa-sisa metabolisme untuk terdorong keluar melalui Buang Air Besar (BAB).

7. Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara, Kanker Usus, dan Kanker Prostat
Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah Tin dapat mengurangi resiko kanker. Kandungan anti oksidan Coumarin dari buah Tin, dapat berperan dalam mencegah terjadinya kanker prostat.

8. Sumber Anti Tumor dan Anti Biotik Alami
Kandungan fenol dan benzaldehid dari buah Tin dapat berfungsi sebagai anti tumor serta antibiotik alami yang dapat mencegah dan membunuh mikroorganisme pathogen seperti bakteri, jamur dan virus penyebab penyakit dalam tubuh.

9. Mengurangi Kelelahan, Meningkatkan Daya Memori Otak Serta Mencegah Anemia
10. Sebagai Obat Kencing Batu, Diabetes dan Asam Urat
Air rebusan daun dari buah Tin, jika diminum dapat mengobati penyakit kencing batu, diabetes dan asam urat.

Top News

Perut Anda Buncit? Mungkin Ini Penyebabnya!

Perut memang sangat mengganggu, disamping tidak menyehatkan perut buncit juga menjadikan terlihat lebih gemuk. Penyebab perut buncit sendiri sangat beragam dan salah satunya…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Seimbangkan Otak dengan Yoga

Yoga merupakan salah satu kegiatan meditasi asal India yang begitu memberikan manfaat terhadap keseahtan. Yoga berpusat pada ketenangan pikiran sehingga mampu digunakan untuk…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tak Perlu ngeGym, Naik Turun Tanggapun Menyehatkan

Kesehatan – Olahraga di Gym memang menyahatkan, namun ternyata naik turun tangga lebih menyehatkan lagi dan yang tak kalah menarik adalah sangat baik…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Minyak Zaitun, ampuh cegah kaki kesemutan

Diet – Seperti diwartakan dari reuters, bahwa terdapat satu lagi manfaat diet mediterania untuk kesehatan tubuh manusia. Metode diet asal Yunani ini ternyata…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Bothok – Olahan tradisional yang sehat dan kaya manfaat

Bothok / botok merupakan salah satu olahan tradisional asli Indonesia yang sangat familier. Dikutip dari Wikipedia.com, bothok merupakan makanan/olahan khas masyarakat Jawa yang…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Cegah Cacat Syaraf Pada Janin dengan Buah Kiwi

Buah kiwi buah yang kaya akan serat, dimana nutrisi serat ini sangat dibutuhkan tubuh dalam sehari-hari. Kandungan serat pada buah kiwi diketahui sangat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq