Teknik Ajaib Membuat Olahan Sayur Bayam

Teknik Ajaib Membuat Olahan Sayur Bayam Daun sayur bayam - (img:midias.gazetaonline.com.br)

Manfaat beragam sayuran bayam dan tips memilih, menyimpan serta memasaknya. Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Sayuran ini sangat mudah tumbuh dan dapat dibudidayakan dengan siklus panen yang relatif singkat (20 – 30 hari), sehingga sayuran ini merupakan salah satu sayuran yang hampir selalu dapat ditemui dipasar dalam tiap musimnya (musim penghujan dan kemarau). Keunggulan lain sayur bayam adalah harga yang terjangkau (murah), mudah diolah, serta bergizi dan kaya akan kandungan nutrisi.

Dengan memperhatikan manfaat sayur bayam yang beragam, perlu kiranya kita mengetahui tentang tata cara memperlakukan sayur bayam ini dengan baik dan benar, sehingga sebagai salah satu bahan sayuran yang kita konsumsi, kandungan nutrisi yang beragam dari bayam tidak rusak dan dapat kita ambil manfaatnya secara optimal dan maksimal.

Dalam bukunya Pertiwi A.F dan Arif L.G(2007), mengungkapkan beberapa tips memilih, menyimpan dan memasak bayam yang baik dan benar. Berikut tipsnya:
Memilih Sayur Bayam
Untuk memperoleh manfaat yang maksimal pilihlah bayam yang masih segar, muda dan berwarna hijau tua. Semakin hijau tua warna daun bayam, maka semakin tinggi kandungan vitaminnya. Hindari memilih bayam yang layu, warnanya menguning dan berlendir.

Menyimpan Bayam dalam Lemari Es (Kulkas)
Sebelum disimpan, bayam hendaknya dicuci bersih dengan air mengalir, kemudian dimasukkan dalam kantung plastik yang berlubang, selanjutnya dapat disimpan dalam kulkas. Cara ini dapat mempertahankan kualitas bayam selama 2-3 hari.

Untuk daya tahan yang lebih lama (10 bulan) adalah dengan membekukannya. Caranya adalah, bayam di petik-petik, dicuci dengan larutan garam, kemudian dibilas sampai bersih. Kemudian dikukus selama 1-2 menit, selanjutnya didinginkan sampai dingin dan kemudian dimasukkan dalam kantung plastik dan disimpan dalam freezer.

Cara Memasak Sayur Bayam
Kandungan nutrisi bayam relatif mudah rusak oleh proses pemanasan. Disarankan memasak bayam tidak terlalu lama dan membiasakan memasak bayam dalam jumlah dan porsi sekali santap/makan.

Perlu dihindari proses pemanasan sayur bayam berulang-ulang, karena kandungan gizinya akan berkurang, menurunkan nafsu makan kita karena tampilan sayur yang sudah tidak menarik lagi karena pemanasanya diulang, serta yang paling berbahaya adalah dapat memunculkan zat karsinogenik (pemicu kanker) dan meningkatkan senyawa Nitrit. Senyawa nitrit yang berlebihan dalam darah, akan dapat menganggu kerja hemoglobin darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Top News

Ini Dia Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh

Buah pisang kaya akan berbagai manfaat kebaikan bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko serangan stroke. Buah ini memiliki kandungan potasium dan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Susu Cokelat Efektif Tingkatkan Energi Yang Terkuras

Setelah bekerja maupun olah raga yang menguras tenaga, biasanya badan terasa lemas dan tidak mempunyai energi. Dengan susu cokelat disamping lezat juga efektif…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Brokoli, Si Nutrisi Anti Penuaan

diwarta.com – Penuaan dini adalah proses terjadinya perubahan kulit menjadi terlihat tua lebih awal yang tidak sesuai dengan umur pada umumnya. Tentu saja…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pestisida, Tingkatkan Resiko Terkena Penyakit Alzheimer

diwarta.com – Penyakit Alzheimer adalah sebuah kondisi neurologis yang ditunjukkan dengan gejala penurunan daya ingat serta penilaian secara bertahap. Salah satu dari sekian…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Kolesterol Jahat dengan Oatmeal

Kesehatan – Gandum utuh adalah salah satu sumber serat terbaik yang diperlukan oleh tubuh. Bahan makanan menyehatkan tersebut selanjutnya diolah menjadi oatmeal yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

8 Tips Supaya Tidur Lebih Sehat Dan Berkualitas

Tidur merupakan proses untuk mengistirahatkan anggota tubuh kita supaya tidak kelelahan dan overload. Tidur yang berkualitas menjadi dambaan setiap orang. Namun tingkat stres…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq