Teknik Ajaib Membuat Olahan Sayur Bayam

Teknik Ajaib Membuat Olahan Sayur Bayam Daun sayur bayam - (img:midias.gazetaonline.com.br)

Manfaat beragam sayuran bayam dan tips memilih, menyimpan serta memasaknya. Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Sayuran ini sangat mudah tumbuh dan dapat dibudidayakan dengan siklus panen yang relatif singkat (20 – 30 hari), sehingga sayuran ini merupakan salah satu sayuran yang hampir selalu dapat ditemui dipasar dalam tiap musimnya (musim penghujan dan kemarau). Keunggulan lain sayur bayam adalah harga yang terjangkau (murah), mudah diolah, serta bergizi dan kaya akan kandungan nutrisi.

Dengan memperhatikan manfaat sayur bayam yang beragam, perlu kiranya kita mengetahui tentang tata cara memperlakukan sayur bayam ini dengan baik dan benar, sehingga sebagai salah satu bahan sayuran yang kita konsumsi, kandungan nutrisi yang beragam dari bayam tidak rusak dan dapat kita ambil manfaatnya secara optimal dan maksimal.

Dalam bukunya Pertiwi A.F dan Arif L.G(2007), mengungkapkan beberapa tips memilih, menyimpan dan memasak bayam yang baik dan benar. Berikut tipsnya:
Memilih Sayur Bayam
Untuk memperoleh manfaat yang maksimal pilihlah bayam yang masih segar, muda dan berwarna hijau tua. Semakin hijau tua warna daun bayam, maka semakin tinggi kandungan vitaminnya. Hindari memilih bayam yang layu, warnanya menguning dan berlendir.

Menyimpan Bayam dalam Lemari Es (Kulkas)
Sebelum disimpan, bayam hendaknya dicuci bersih dengan air mengalir, kemudian dimasukkan dalam kantung plastik yang berlubang, selanjutnya dapat disimpan dalam kulkas. Cara ini dapat mempertahankan kualitas bayam selama 2-3 hari.

Untuk daya tahan yang lebih lama (10 bulan) adalah dengan membekukannya. Caranya adalah, bayam di petik-petik, dicuci dengan larutan garam, kemudian dibilas sampai bersih. Kemudian dikukus selama 1-2 menit, selanjutnya didinginkan sampai dingin dan kemudian dimasukkan dalam kantung plastik dan disimpan dalam freezer.

Cara Memasak Sayur Bayam
Kandungan nutrisi bayam relatif mudah rusak oleh proses pemanasan. Disarankan memasak bayam tidak terlalu lama dan membiasakan memasak bayam dalam jumlah dan porsi sekali santap/makan.

Perlu dihindari proses pemanasan sayur bayam berulang-ulang, karena kandungan gizinya akan berkurang, menurunkan nafsu makan kita karena tampilan sayur yang sudah tidak menarik lagi karena pemanasanya diulang, serta yang paling berbahaya adalah dapat memunculkan zat karsinogenik (pemicu kanker) dan meningkatkan senyawa Nitrit. Senyawa nitrit yang berlebihan dalam darah, akan dapat menganggu kerja hemoglobin darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Top News

Berjemur, Turunkan Tekanan Darah

Manfaat berjemur dipagi hari nampaknya tidak hanya memberikan efek baik dalam menjadi sumber vitamin D saja, namun juga sangat baik dalam membantu menuruntkan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Sayur Bayam Bantu Cegah Kepikunan / Demensia

diwarta.com – Ingatkah anda dengan film kartun Popeye yang sangat menyukai bayam?, nampaknya hal ini menjadi salah satu alasan kenapa Popeye begituĀ  menyukai…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Waspada, Bahaya Merokok Perpendek Usia

Dari dulu peneliti telah mengaitkan kebiasaan merokok dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingg kanker. Tapi kali ini peneliti kembali menemukan…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Konsumsi Minyak Zaitun Setiap Hari, Jauhkan Anda Dari Serangan Kanker

Tak ada orang yang ingin terkena kanker. Begitu pula dengan anda. Namun, pola hidup dan pola makan yang dijalani tanpa anda sadari dapat…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Hemoglobin Abnormal Sebabkan Anemia Bulan Sabit

Anemia Bulan Sabit, Anemia jenis ini merupakan kelainan bawaan yang ditimbulkan oleh bentuk abnormal hemoglobin di dalam darah atau yang dikenal dengan (Sickle…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Siapa Sangka Makanan Beku Lebih Sehat Dari Makanan Segar

Bukan hanya variasi makanan saja yang terus berkembang namun teknologi dalam pengolahan pangan juga tambah maju dari hari ke hari. Para ahli nutrisi…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo