Waspada, Penyakit Ini Sering Terjadi di Musim Hujan

Waspada, Penyakit Ini Sering Terjadi di Musim Hujan Serangan Flu dimusim penghunan (img: bionutritioninc.com)

Waspadai Penyakit Yang Sering Terjadi Dimusim Penghujan.
Musim hujan di Indonesia, berlangsung kurang lebih selama 6 bulan. pada saat musim penghujan tersebut, dipastikan kelembaban dan suhu udara lingkungan tinggi, serta banyak terdapat air menggenang, becek, kotor dan banyaknya kotoran hewan yang terbawa air hujan ke sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Dengan keadaan tersebut dipastikan bakteri, mikroba, virus agen penyakit, serta Nyamuk mudah berkembang biak dengan baik. Selain itu suhu dan kelembaban tinggi dan keadaan cuaca yang sering berganti-ganti akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita akan dipaksa untuk bekerja keras menghadapi challenge lingkungan yang ekstrim tersebut.

Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai, karena penyakit ini sering terjadi pada musim hujan. Dengan mewaspadai jenis penyakit ini, diharapkan dapat menjadi salah satu usaha pencegahan terhadap penyakit yang sering muncul di musim hujan.

INFLUENZA DAN INFEKSI SALURAN PENCERNAAN ATAS (ISPA)
Penyakit Influenza disebabkan oleh virus Influenza yang menyerang manusia, karena kekebalan tubuh manusia yang sedang menurun. Sedangkan ISPA dapat disebabkan oleh bebrapa agen penyakit seperti bakteri, virus dan mikroba lainnya dan menyerang pada organ sisitem pernafasan manusia secara akut.

PENYAKIT KULIT
Musim hujan tidak lepas dari air hujan yang melimpah, tergenang, becek dan kotor. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur Trycophyton yang banyak ditemukan dan dijumpai ditempat yang lembab dan basah.

CIKUNGUNYA
Penyakit ini disebabkan oleh virus Cikungunya yang ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejala dari penyakit ini adalah demam yang mendadak, nyeri pada persendian (lutut,pergelangan kaki dan tangan serta tulang belakang), dan ruam (bintik merah) pada tubuh.

DIARE
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Eschericia coli, Salmonella sp., Shigella dysentrya.

LEPTOSPIROSIS
Penyakit ini sering juga dinamai “penyakit kencing tikus” yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Penyakit ini ditularkan dari hewan ke manusia. Biasanya dari urine yang menyebar (terbawa air hujan) dilingkungan sekitar kita dari tikus yang ditubuhnya terdapat bakteri Leptospira

DEMAM BERDARAH
Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue yang terbawa nyamuk Aedes aegypti yang menggigit manusia, biasanya pada siang hari.

TIFUS
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi/typhosa. Ditandaai dengan demam tinggi pada penderitanya (39-40°C) yang berlangsung selama 2 minggu atau lebih.

Top News

Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung

Semua orang pasti pernah marah. Tapi berhati-hatilah bila anda suka mengumbar kemarahan. Karena sebuah penelitian membuktikan bahwa kemarahan dapat berakibat fatal bagi kesehatan….

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung Dalam Kulit Sayur

diwarta.com – Nutrisi pada umumnya sangat diperlukan tubuh untuk berbagai hal penunjang kesehatan, nutrisi banyak terdapat pada buah, daging dan sayuran. Disamping itu…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Telur Mentah Bikin Otot Lebih Kuat dan Berisi

Telur memang diketahui kaya akan antioksidan dan memiliki peran penting terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan dalam dua butir telur mentah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ingin Semangat di Pagi Hari? Konsumsi Makanan Ini!

Kebugaran – Semua jenis makanan yang kita konsumsi, tentunya sangat berpengaruh terhadap kesenangan hati kita. Terlebih ketika makanan yang kita santap di pagi…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Daging Kalkun Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Di Indonesia, walaupun kalkun tak begitu populer. Namun jika Anda sudah tak lagi berbminat dengan menu unggas yang sama setiap hari, tidak ada…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Jantung Ini!

Mayoritas orang yang terserang penyakit jantung selalu mengalami gejala yang umum terjadi seperti sakit pada dada, keringat dingin, dan rasa lelah yang berlebihan…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro