Dengarkan musik kesayangan, Jadikan Jantung Lebih Sehat

Dengarkan musik kesayangan, Jadikan Jantung Lebih Sehat Ilustrasi mendengarkan musik. © Shutterstock/Subbotina Anna

Kesehatan – Anda termasuk orang menyukai musik? Pastikan Anda memiliki lagu kesayangan.

Dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa mendengarkan musik tidak hanya menenangkan pikiran saja, namun juga menjadikan jantung lebih sehat. Bahkan penderita penyakit jantung bisa sembuh lebih cepat apabila mendengarkan musik kesayangan.

Diwartakan dari Daily Mail, tak kurang dari 74 penderita penyakit jantung telah dilibatkan untuk penelitian tersebut dan dibagi menjadi tiga kelompok.

Dr Deljanin Ilic, selaku pemimpin penelitian dari University of Nis di Serbia mgantakan “Ketika mendengarkan musik kesukaan, hormon endorfin dalam tubuh dapat meningkat, sehingga jantung lebih sehat”.

Dalam penelitian ini kelompok pertama disuruh untuk berolahraga selama tiga minggu dan untuk kelompok berikutnya juga sama, namun juga diminta untuk mendengarkan musik selama satu setengah jam di setiap harinya. Sedangkan kelompok terakhir diminta hanya mendengarkan musik saja tanpa berolahraga.

Yang mengejutkan dari hasil penelitian ini adalah mereka yang berolahraga dan mendengarkan musik mengalami kondisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang lain. Dimana fungsi jantung kelompok kedua meningkat hingga 39 persen.

Dr Deljanin Ilic juga mengatakan bahwa “Kombinasi musik dan olahraga efektif untuk menjadikan jantung lebih sehat. Akan tetapi musik tanpa lirik merupakan yang terbaik, hal ini disebabkan karena musik tanpa lirik lebih menenangkan sekaligus menyehatkan”.

Walaupun demikian, peneliti memberikan kebebasan terhadap pilihan musik kesayangan, namun mendengarkan. Sebab dengan mendengarkan musik kesayangan, seseorang mampu menjadi lebih senang atau rileks.

Top News

Manfaat dan Khasiat Temulawak Terhadap Kesehatan

Demi memperoleh peningkatan kualitas kesehatan sepertinya sebagian orang semakin bersemangat dan sadar memanfaatkan produk alami termasuk mengkonsumsi beberapa tanaman herbal. Pada berbagai macam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Sehatkan Jantung Dengan Olahraga Teratur

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, dikarenakan jika terjadi kerusakan dalam organ ini dapat menyebabkan kematian. Menjaga kesehatan jantung supaya jantung…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ingin Semangat di Pagi Hari? Konsumsi Makanan Ini!

Kebugaran – Semua jenis makanan yang kita konsumsi, tentunya sangat berpengaruh terhadap kesenangan hati kita. Terlebih ketika makanan yang kita santap di pagi…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Kolesterol baik, bantu naikkan berat badan

Mencukupi kebutuhan protein setiap hari adalah salah satu cara menambah berat badan yang sehat. Dengan cara ini, lemak dalam tubuh akan bertambah sekaligus…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Air Tebu, Bantu Cukupi Kebutuhan Energi Ibu Hamil

Kehamilan – Air tebu merupakan salah satu jenis minuman yang sudah biasa ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. Disamping menyegarkan dan manis, tak banyak…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Waspadai Residu Pestisida dan Antibiotik Dalam Bahan Makanan Anda !

Residu Pestisida Pestisida merupakan senyawa (substansi) kimia yang banyak digunakan petani untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman pertanian (tanaman pangan, buah dan sayuran)….

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo