Beberapa makanan yang dapat membantu membentuk otot yang kuat

Beberapa makanan yang dapat membantu membentuk otot yang kuat Makanan pembentuk otot
img: kompas.com

Memiliki otot yang bagus serta kuat merupakan impian setiap laki-laki (pria), dimana pria akan tampil lebih Percaya Diri dengan tubuh yang sehat serta berotot. Untuk mendapatkan otot yang sehat dan kuat tidak hanya cukup dengan latihan fisik saja, namun beberapa pembentukan otot yang kuat dipengaruhi oleh beberapa pola makan (menu makanan). Otot yang baik dan kuat akan mudah terbentuk jika asupan cairan dan makanan kaya energi yang seimbang serta latihan fisik secara rutin.

Asupan makanan yang sehat dan seimbang terhadap tubuh sangat berguna terhadap kesehatan khususnya bagian pencernaan. Jika pencernaan dalam tubuh manusia sehat, maka proses latihan fisik pada saat membentuk otot yang kuat juga akan berjalan lancar.

Untuk membantu pembentukan otot yang tersebut sebaiknya menekankan pada 5 atau lebih porsi harian buah dan sayuran, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, dan cairan yang cukup. Cairan yang cukup ini nanti berguna menghindari terjadinya dehidrasi.

Untuk mendapatkan hasil dari latihan fisik yang bertujuan membentuk otot, maka membutuhkan kombinasi karbohidrat dan protein yang sehat. Protein memiliki peranan yang penting dalam membangun dan memperbaiki otot. Sedangkan karbohidrat mampu menyediakan energi untuk bahan bakar selama melakukan latihan fisik.

Lalu, apa saja makanan yang dapat membantu memperkuat otot? berikut ini merupakan beberapa asupan makanan yang dapat membantu membentuk otot yang kuat:

  • Buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan faktor dasar dari semua diet yang sehat. Diet sehat ini selalu menyertakan buah dan sayuran untuk membantu menurunkan berat badan dan dapat memberikan asupan serat, vitamin, mineral, dan cairan. Pada sayuran juga terdapat sejumlah kecil protein.
  • Susu rendah lemak. Susu rendah lemak ini dapat berguna untuk menyediakan protein yang berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin penting seperti vitamin D, potasium, dan kalsium.
  • Daging. Daging dipercaya sebagai sumber protein, besi, dan asam amino termasuk leusin. Kandungan besi pada daging berguna untuk melakukan transportasi oksigen ke otot. Nutrisi yang terdapat pada daging mampu memupuk pertumbuhan otot.
  • Daging ayam warna gelap. Mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit memang cukup baik untuk kesehatan dikarenakan rendah lemak. Memilih daging ayam yang berwarna gelap mampu meningkatkan zat besi sebesar 25 persen dalam tubuh, serta meningkatkan 3 kali zink yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.
  • Telur. Satu telur sehari sangatlah baik untuk program diet sehat, meskipun demikian jangan sampai kuning telurnya terbuang. Telur diperkaya dengan asam amino esensial, kuning telur juga mengandung protein dan nutrisi lainnya seperti lutein yang sangat berguna untuk kesehatan mata.
  • Kacang. Mengkonsumsi kacang mentah tanpa garam atau kacang yang dipanggang merupakan sumber protein yang baik dan juga mengandung vitamin, antioksidan, serat dan lemak sehat yang cukup membantu untuk daya tahan tubuh.
  • Biji-bijian. Karbohidrat yang berkualitas banyak terdapat pada biji-bijian, disamping itu biji-bijian juga mengandung sejumlah kecil protein, dimana protein tersebut mampu memberikan energi dan membentuk otot, bersama dengan serat, vitamin dan antioksidan yang terkandung didalam biji-bijian.

Untuk membentuk otot yang kuat dan sehat memang membutuhkan proses dan tidak instan, oleh sebab itu tidak ada ruginya jika mencoba beberapa tips pola makan diatas untuk membantu pembentukan otot anda.

Top News

Turunkan Berat Badan dengan 5 Minuman Alami Berikut

Kesulitan untuk kmengatasi obesitas? Meski sudah rutin berolahraga serta menjalanka program diet, berat badan tetap saja tidak mengalami penurunan. Mengubah pola makan merupakan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Rutinitas Berikut Ini Berbahaya Bagi Mata Anda

Layar komputer, smartphone, laptop, dan televisi menjadi barang yang tanpa disadari telah menjadi rutinitas anda setiap hari. Bahkan tak jarang semua kebiasaan itu…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Tips Menikmati Teh Hijau Agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bukan rahasia lagi jika Teh Hijau mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan sitem kekebalan (imun) tubuh manusia. Namun dalam menikmati dan…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

5 Langkah Jitu Tingkatkan Ketajaman Otak

Diwarta health – Seiring bertambahnya usia, ketajaman otak seringkali menurun dan hal tersebut sebenarnya dialami oleh banyak orang. Tentu saja Anda tak ingin…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Fakta! Kurang Tidur Lonjakkan Berat Badan

Bila anda menginginkan tubuh yang profesional, Sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk memenuhi jam tidur anda setiap malam. Jangan diremehkan, kurang tidur bisa…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

IniInilah Dampak Negatif Sering Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Telinga Anda

Telinga merupakan salah satu indera manusia yang sangat penting tak beda jauh dengan mata dan indera lainnya. Bila telinga tidak berfungsi dengan baik,…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro