4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang

4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang ils Virus berbahaya
Img: merdeka.com

Mempunyai hobi memelihara hewan memang terkadang sangat menyenangkan. Akan tetapi harus lebih waspada terhadap beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan.

Zoonosis adalah jenis infeksi penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan hidup terhadap manusia. Zoonosis sendiri merupakan bahasa Yunani, (zoon) yang berarti hewan dan (nosos) yang berarti penyakit. Jenis hewan vertebrata adalah sumber utama yang dapat menularkan infeksi zoonosis.

Dalam penularanya tidak hanya dilakukan oleh hewan yang terinfeksi saja, namun juga dapat ditularkan oleh manusia. Berikut ini merupakan empat jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kepada manusia:

Toksoplasmosis
Penyakit ini berasal dari kotoran kucing, dimana kotoran kucing ini banyak menginfeksi manusia karena terjadi kontak antara manusia dengan kotoran kucing sehingga memungkinkan seseorang terkena toksoplasmosis.

Jika seseorang terkena kotoran kucing segeralah mencuci bagian yang terkena kotoran kucing dengan sabun hingga bersih, perlu diketahui bahwa wanita hamil harus lebih berhati-hati jika terkena kotoran kucing.

Bakteri Salmonella
Mempunyai hewan reptil sebagai teman bermain ketika dirumah, memungkinkan seseorang terkena serangan penyakit bakteri salmonella.

Pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa mereka terinfeksi bakteri salmonella karena mengonsumsi makanan tertentu yang terkontaminasi oleh bakteri ini, namun tak jarang orang yang terinfeksi dari bakteri salmonella karena mereka telah berinteraksi langsung dengan binatang / hewan piaraannya termasuk amfibi dan reptil yang memiliki potensi terinfeksi dengan bakteri salmonella.

Beberapa hewan reptil yang biasanya menjadi favorit untuk dipelihara adalah kura-kura, katak, tokek, iguana dan ular.

Virus Flu burung
Flu burung yang dikenal dengan (Avian Influenza) adalah salah satu jenis virus yang banyak ditemukan pada unggas yang telah terinfeksi. Pada umumnya Flu Burung menular kepada manusia melalui unggas piaraan seperti halnya kalkun, bebek dan ayam.

Virus Ebola
Virus Ebola adalah virus demam berdarah yang telah parah. Ebola sendiri dapat menyerang manusia jika terjadi kontak langsung dengan binatang atau heewan yang terinfeksi seperti kelelawar, gorilla dan simpanse.

Ketika anda memutuskan untuk mempunyai hewan peliaraan, pastikan anda telah mengetahui beberapa hal untuk mengantisipasi terjadinya infeksi / penyakit yang ditularkan oleh hewan piaraan anda.

Top News

IniInilah Dampak Negatif Sering Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Telinga Anda

Telinga merupakan salah satu indera manusia yang sangat penting tak beda jauh dengan mata dan indera lainnya. Bila telinga tidak berfungsi dengan baik,…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Kolesterol baik, bantu naikkan berat badan

Mencukupi kebutuhan protein setiap hari adalah salah satu cara menambah berat badan yang sehat. Dengan cara ini, lemak dalam tubuh akan bertambah sekaligus…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Insomnia Picu Meningkatnya Hipertensi

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur. Jika seseorang mengalami insomnia atau sulit untuk melakukan tidur maka tubuh akan terasa mudah lelah dan badan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ketela pohon, Jadi menu Sarapan Sehat

Kesehatan – Bagi vegetarian, memang tidak biasa mengonsumsi daging yang tinggi terhadap kandungan protein. Namun bukan berarti para vegetarian tidak memiliki pilihan untuk…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Nutrisi Pendongkrak Stamina

Meningkatkan stamina energi memang adalah sesuatu hal yang mudah-mudah susah. Hal ini disebabkan karena kita harus menyiapkan solusi cepat dan tepat supaya konsentrasi…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ternyata, Merokok Shisha Jadi Pemicu Kanker

Shisha adalah cara merokok yang diadaptasi dari budaya Timur Tengah dengan cara memadukan tembakau dan perasa di dalamnya. Tembakau dipanaskan dibawah arang lalu…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro