4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang

4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang ils Virus berbahaya
Img: merdeka.com

Mempunyai hobi memelihara hewan memang terkadang sangat menyenangkan. Akan tetapi harus lebih waspada terhadap beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan.

Zoonosis adalah jenis infeksi penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan hidup terhadap manusia. Zoonosis sendiri merupakan bahasa Yunani, (zoon) yang berarti hewan dan (nosos) yang berarti penyakit. Jenis hewan vertebrata adalah sumber utama yang dapat menularkan infeksi zoonosis.

Dalam penularanya tidak hanya dilakukan oleh hewan yang terinfeksi saja, namun juga dapat ditularkan oleh manusia. Berikut ini merupakan empat jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kepada manusia:

Toksoplasmosis
Penyakit ini berasal dari kotoran kucing, dimana kotoran kucing ini banyak menginfeksi manusia karena terjadi kontak antara manusia dengan kotoran kucing sehingga memungkinkan seseorang terkena toksoplasmosis.

Jika seseorang terkena kotoran kucing segeralah mencuci bagian yang terkena kotoran kucing dengan sabun hingga bersih, perlu diketahui bahwa wanita hamil harus lebih berhati-hati jika terkena kotoran kucing.

Bakteri Salmonella
Mempunyai hewan reptil sebagai teman bermain ketika dirumah, memungkinkan seseorang terkena serangan penyakit bakteri salmonella.

Pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa mereka terinfeksi bakteri salmonella karena mengonsumsi makanan tertentu yang terkontaminasi oleh bakteri ini, namun tak jarang orang yang terinfeksi dari bakteri salmonella karena mereka telah berinteraksi langsung dengan binatang / hewan piaraannya termasuk amfibi dan reptil yang memiliki potensi terinfeksi dengan bakteri salmonella.

Beberapa hewan reptil yang biasanya menjadi favorit untuk dipelihara adalah kura-kura, katak, tokek, iguana dan ular.

Virus Flu burung
Flu burung yang dikenal dengan (Avian Influenza) adalah salah satu jenis virus yang banyak ditemukan pada unggas yang telah terinfeksi. Pada umumnya Flu Burung menular kepada manusia melalui unggas piaraan seperti halnya kalkun, bebek dan ayam.

Virus Ebola
Virus Ebola adalah virus demam berdarah yang telah parah. Ebola sendiri dapat menyerang manusia jika terjadi kontak langsung dengan binatang atau heewan yang terinfeksi seperti kelelawar, gorilla dan simpanse.

Ketika anda memutuskan untuk mempunyai hewan peliaraan, pastikan anda telah mengetahui beberapa hal untuk mengantisipasi terjadinya infeksi / penyakit yang ditularkan oleh hewan piaraan anda.

Top News

Merokok Tingkatkan Depresi Dan Kecemasan Anda

Mayoritas perokok akan mengaku dirinya dapat merasa lebih tenang dengan menghisap rokok. Tapi sebuah penelitian telah mengungkap bahwa hal tersebut ternyata justru berlawanan….

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Makanan Berikut Efektif Bakar Lemak Ketika Tidur

Siapa yang sangka kalau tidur juga dapat membakar lemak dalam tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi efektif bantu bakar lemak dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah sembelit dan penuaan dengan Timun

Siapa yang tidak mengenal buah timun, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat pada timun efektif mengurangi risiko penuaan serta kandungan vitamin K didalamnya dapat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Air Tebu, Punya Banyak Protein dan Energi Instan

Air tebu adalah salah satu minuman yang mengandung kadar index glikemik rendah dan kaya akan protein. Minuman ini telah banyak dijumpai di kalangan…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Ini Dia Cara Alami Tubuh Atasi Cuaca Dingin

diwarta.com – Apa anda merasakan kedinginan beberapa waktu terakhir ini? Walaupun nampak sepele cuaca dingin juga dapat membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian….

Reyno Nur Fahreza Reyno Nur Fahreza

Cegah Hipertensi dengan Ikan Salmon

Hypertensi – Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tekstur khas dan rasa yang nikmat. Selain itu ikan ini juga kaya…

Yoan Allawy Yoan Allawy