4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang

4 Penyakit ini Dapat Ditularkan Oleh Binatang ils Virus berbahaya
Img: merdeka.com

Mempunyai hobi memelihara hewan memang terkadang sangat menyenangkan. Akan tetapi harus lebih waspada terhadap beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan.

Zoonosis adalah jenis infeksi penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan hidup terhadap manusia. Zoonosis sendiri merupakan bahasa Yunani, (zoon) yang berarti hewan dan (nosos) yang berarti penyakit. Jenis hewan vertebrata adalah sumber utama yang dapat menularkan infeksi zoonosis.

Dalam penularanya tidak hanya dilakukan oleh hewan yang terinfeksi saja, namun juga dapat ditularkan oleh manusia. Berikut ini merupakan empat jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kepada manusia:

Toksoplasmosis
Penyakit ini berasal dari kotoran kucing, dimana kotoran kucing ini banyak menginfeksi manusia karena terjadi kontak antara manusia dengan kotoran kucing sehingga memungkinkan seseorang terkena toksoplasmosis.

Jika seseorang terkena kotoran kucing segeralah mencuci bagian yang terkena kotoran kucing dengan sabun hingga bersih, perlu diketahui bahwa wanita hamil harus lebih berhati-hati jika terkena kotoran kucing.

Bakteri Salmonella
Mempunyai hewan reptil sebagai teman bermain ketika dirumah, memungkinkan seseorang terkena serangan penyakit bakteri salmonella.

Pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa mereka terinfeksi bakteri salmonella karena mengonsumsi makanan tertentu yang terkontaminasi oleh bakteri ini, namun tak jarang orang yang terinfeksi dari bakteri salmonella karena mereka telah berinteraksi langsung dengan binatang / hewan piaraannya termasuk amfibi dan reptil yang memiliki potensi terinfeksi dengan bakteri salmonella.

Beberapa hewan reptil yang biasanya menjadi favorit untuk dipelihara adalah kura-kura, katak, tokek, iguana dan ular.

Virus Flu burung
Flu burung yang dikenal dengan (Avian Influenza) adalah salah satu jenis virus yang banyak ditemukan pada unggas yang telah terinfeksi. Pada umumnya Flu Burung menular kepada manusia melalui unggas piaraan seperti halnya kalkun, bebek dan ayam.

Virus Ebola
Virus Ebola adalah virus demam berdarah yang telah parah. Ebola sendiri dapat menyerang manusia jika terjadi kontak langsung dengan binatang atau heewan yang terinfeksi seperti kelelawar, gorilla dan simpanse.

Ketika anda memutuskan untuk mempunyai hewan peliaraan, pastikan anda telah mengetahui beberapa hal untuk mengantisipasi terjadinya infeksi / penyakit yang ditularkan oleh hewan piaraan anda.

Top News

Jeruk Nipis, Punya Agen Anti Kanker

Nutrisi – Jeruk Nipis adalah keluarga buah jeruk yang memiliki sejuta manfaat. Selain memiliki senyawa yang dapat melawan penuaan dini, khasiat jeruk nipis…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Air Tebu, Punya Banyak Protein dan Energi Instan

Air tebu adalah salah satu minuman yang mengandung kadar index glikemik rendah dan kaya akan protein. Minuman ini telah banyak dijumpai di kalangan…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Tambah Energi dengan Regangkan tubuh ketika bangun tidur

Kebugaran – Bangun tidur di pagi hari bisa jadi hal yang tak mudah bagi banyak orang. Terlebih untuk mereka yang terbiasa begadang atau…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Anggur Merah, Efektif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Nutrisi – Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika mengonsumsi anggur merah dan blueberry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh para…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Kayu Manis, Jadi Momok Bagi Penderita Liver

Diwarta – Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah biasa digunakan dalam campuran masakan maupun sebagai bahan tambahan pembuat kue. Disamping itu, mungkin…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat

(Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat) – Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin yang berasal dari makanan yang kita…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq