Perkembangan Otak Anak dapat Dipengaruhi Oleh Pola Tidur

Perkembangan Otak Anak dapat Dipengaruhi Oleh Pola Tidur Bayi tidur
Img: carrefour.co.id

Tubuh seorang anak tidak pernah berhentik untuk tumbuh dan berkembang, meskipun seorang anak tertidur pulas terutama bagi mereka yang berusia  3 hingga 12 tahun tubuh dan organ-organ pentingnya tetap mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pada umumnya, rutinitas tidur malam yang panjang sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak seorang anak di usia tersebut, yakni usia 3 tahun sampai 12 tahun. Disamping itu, pada usia ini anak memerlukan banyak waktu istirahat untuk tidur untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan dirinya.

Tanpa tidur yang cukup, pertumbuh kembangan anak tidak dapat berjalan dengan optimal, di saat tidur tubuh akan menjalani proses perbaikan sel-sel otak serta meningkatkan hormon-hormon pertumbuhan hingga kurang lebih 75%-80%.

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua bijak memanfaatkan waktu untuk membantu anak tidur yang cukup dimalam hari guna mengoptimalkan pertumbuh kembangan anak terutama perkembangan otak.

Seluruh kejadian selama anak tertidur adalah refleksi dari suatu aktivitas neuron tertentu yang tersusun dalam syaraf pusat dan mengalami perubahan secara dramatis sesuai dengan perkembangan anak.

Dan perlu diketahui bahwa waktu tidur malam hari untuk anak yang berusia 3 tahun sampai 12 tahun tidak dapat diganti dengan tidur disiang hari. Otak anak juga memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang tepat, hal ini dikarenakan otak sangat memerlukan energi untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan.

Seperti dalam suatu studi yang dilakukan oleh University of Minnesota serta University of Montreal diketahui bahwa aktivitas tidur di malam hari dan aktivitas tidur disiang hari dikelola oleh otak pada bagian yang berbeda dalam hal ritme sirkadian dan ritmenya.

Top News

Kandungan Lektin Pada Pisang Dapat Menghambat Virus HIV

(Kandungan Lektin Pada Pisang Dapat Menghambat Virus HIV) – Dalam penelitian para ahli menunjukkan bahwa pisang memiliki zat lektin sebagai penghambat infeksi virus…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Buah Kiwi Bantu Cegah Wheezing (sesak nafas)

Berbicara soal nutrisi pada buah, kandungan nutrisi pada buah kiwi tidak kalah dengan buah-buahan lain. Uniknya, terkadang buah kiwi yang memiliki kualitas terbaik…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Siapa Sangka Makanan Beku Lebih Sehat Dari Makanan Segar

Bukan hanya variasi makanan saja yang terus berkembang namun teknologi dalam pengolahan pangan juga tambah maju dari hari ke hari. Para ahli nutrisi…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Hilangkan Panu dengan Cara Tradisional

Keberadaan jamur di kulit tentu sangat merusak dan menggangu penampilan. Ada banyak cara yang dapat kita dilakukan untuk mengatasinya. Pada zaman modern ini…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Lancarkan Metabolisme tubuh dengan Makan Ubi Jalar

Tak banyak yang tahu jika dalam ubi jalar terdapat vitamin C. Vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disamping itu,…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Hebat, Inilah 10 Kandungan Vitamin Dan Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan Tubuhmu!!

Seperti namanya buah asam mempunyai rasa yang asam / kecut. Tapi jangan salah terdapat banyak khasiat dari buah asam yang dapat Anda manfaatkan….

Yoan Allawy Yoan Allawy