Segudang Manfaat dan Khasiat Jahe terhadap Kesehatan

Segudang Manfaat dan Khasiat Jahe terhadap Kesehatan Manfaat Jahe
Img: bengkelsehat.com

(Jahe ternyata memiliki segudang Khasiat dan Manfaat Terhadap Kesehatan) – Jahe merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang paling kuno dalam masakan di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan didalam jahe terkandung berbagai manfaat kesehatan termasuk: kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tulang, pencernaan, meningkatkan aktivitas seksual (Lemah Syahwat), dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan gangguan menstruasi, mual, dan flu.

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman obat asli Asia dari rumpun batang semu. Manfaat jahe yang sangat baik bagi kesehatan membuat tanaman ini terkenal hingga ke India, Jamaika, Australia, Cina, dan hampir di seluruh penjuru dunia. Tumbuhan penghangat badan ini dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan pada bentuk, ukuran, serta warna rimpangnya, yaitu: Jahe putih kecil, Jahe putih besar, dan Jahe merah.

Disamping itu manfaat dan khasiat Jahe juga dikenal sebagai Zingiber officinale yang disebut juga sebagai ” jahe root” dan batang / rimpangnya biasa digunakan untuk menambah rasa dalam masakan. Dalam budaya Barat, sebagian besar jahe digunakan untuk campuran permen dan minuman beralkohol seperti: jahe bir dan anggur jahe. Sementara itu di Asia, secara langsung dijadikan bubuk yang nantinya dimanfaatkan untuk mengolah makanan tradisional dan minuman ringan seperti kopi dan teh . Jahe yang memiliki aroma wangi yang khas disebabkan oleh minyak esensial dalam komposisi jahe, didambakan dan diekstraksi dengan rempah sejak zaman kuno.

Jahe tidak hanya dikenal sebagai esensi dan rempah-rempah saja, namun jahe merupakan salah satu tanaman obat tertua dalam tradisi herbal dan aromatik, khususnya di Cina , India , dan Timur Tengah. Di Cina, jahe ini telah digunakan selama lebih dari 2000 tahun untuk menyembuhkan peradangan dan diare.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat serta khasiat jahe terhadap kesehatan:

  • Berdasarkan berbagai penelitian modern yang dilakukan oleh para ahli, diketahui beberapa manfaat jahe untuk kesehatan sebagai berikut:
  • Jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Karena hal tersebut, darah dapat mengalir lebih cepat dan lebih lancar.
  • Jahe dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki beberapa kandungan enzim protease dan lipase yang dapat mencerna protein serta lemak dalam tubuh.
  • Jahe dapat membantu membersihkan tubuh dari darah kotor dengan membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh.
  • Jahe dapat mengobati mual dan muntah, menambah nafsu makan, memperkuat otot usus, mengatasi batuk, dll. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kandungan minyak gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe.
  • Jahe dapat mencegah penggumpalan darah. Jahe mengandung Gingerol yang menjadi antikoagulan (pencegah penggumpalan darah).
  • Jahe dapat menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi.

Manfaat Jahe terhadap kesehatan lain yang saat ini masih dalam penelitian adalah: mengurangi penyakit jantung, arthritis , migrain, depresi, dan menyembuhkan stres yang berhubungan dengan kecemasan gangguan.

Top News

5 Makanan Berikut Cegah Serangan Diabetes

Penderita diabetes pada umumnya memang disarankan memilih makanan yang tepat untuknya. Hal ini dikarenakan kadar gula darah mereka yang mesti terkontrol. Dengan makanan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Berat Badan dengan 5 Minuman Alami Berikut

Kesulitan untuk kmengatasi obesitas? Meski sudah rutin berolahraga serta menjalanka program diet, berat badan tetap saja tidak mengalami penurunan. Mengubah pola makan merupakan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Pertumbuhan Kanker dengan Sayur Kubis

Sayur kubis atau yang pada umumnya dikenal dengan sebutan kol ini nampaknya sayuran yang masih dalam keluarga Brassica (brokoli), kecambah brussels dan kembang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Gila Belanja dengan Pil Alzheimer

Kebisaan untuk belanja ternyata bisa dicegah dengan cara sederhana, yakni dengan mengonsumsi Pil Alzheimer dipercaya mampu menuntaskan gangguan gila belanja. Dalam sebuah penelitian…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Batuk Akut Picu Serangan Bronkhitis

Bronkhitis, Batuk merupakan sesuatu hal yang wajar, namun kebanyakan orang meremahkan sakit batuk dan malas berobat karena beranggapan akan sembuh dengan sendirinya. Memang,…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Lada Hitam Efektif Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Ketika Anda memasak sayur, telur, atau sekadar menumis sayuran, jangan ragu menambahkan lada hitam secukupnya. Selain menambah kualitas rasa pada masakan, lada hitam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq