Teh Hijau Mampu Mengurangi Obesitas (Menurunkan Berat Badan)

Teh Hijau Mampu Mengurangi Obesitas (Menurunkan Berat Badan) Teh Hijau (Green-Tea)

Teh Hijau Mampu Mengurangi Obesitas (Menurunkan Berat Badan) –  Teh hijau dipercaya mampu mengurangi kandungan lemak, terutama lemak yang bersarang disekitar pinggang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Penn State menemukan bahwa senyawa di teh herbal tersebut dapat menurunkan berat badan pada seekor tikus.

Tikus yang digunakan untuk percobaan merupakan tikus yang mengalami obesitas. Para peneliti menggunakan dua tikus yang memiliki lemak tinggi dan keduanya diberikan jumlah makanan yang sama. Tikus pertama yang diberikan asupan Epigallocatechin-3-gallate (EGCC), sebuah senyawa yang ditemukan pada teh hijau, ternyata ampuh menurunkan berat badan hingga 45% dibandingkan tikus yang lain.

Tak hanya sekedar berat badan yang turun, dari penelitian tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan 30% lipid tinja.

“Tampaknya ada dua manfaat, awalnya, EGCG membantu tubuh untuk menyerap lemak dan, kedua, meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan lemak,” ujar peneliti Joshua Lambert.

Lambert juga menambahkan seseorang yang meminum secangkir teh hijau per hari akan mendapatkan asupan EGCG, tapi penelitian terbaru mengindikasikan bahwa, mengonsumsi teh hijau tidak berpengaruh pada nafsu makan, dan hanya dapat memperlambat penambahan berat badan.

Sumber: (disadur dari berbagai sumber)

 

Top News

Merokok Persingkat Umur Anda

Perokok mempunyai risiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tak merokok. Hal itu bukanlah sesuatu yang baru lagi bagi semua orang….

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Sehat ala Ubi Jalar yang Tak Bikin Gemuk

Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan alami tanpa bahan pengawet dan zat kimia merupakan keinginan setiap orang. Seperti diketahui bahwa banyak sekali…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Pengertian Penyakit Karies Gigi

Karies Gigi adalah penyakit jaringan pada gigi yang sering dijumpai. Penyakit tersebut biasanya ditandai dengan kerusakan pada jaringan keras gigi (lubang pada gigi)….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Kandungan Susu Kedelai dan Susu Kambing

Dari kecil, kita sudah mulai dikenalkan dengan susu. Bahkan, setelah lahirpun kita sudah mengenal susu. Seiring berkembangnya jaman nampaknya sudah banyak sekali jenis-jenis…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pentingnya Sarapan Makanan Berserat dan Buah-Buahan

Sarapan pagi merupakan kebiasaan yang baik yang perlu dilakukan sehari-hari. Menu sarapan pagi dengan buah-buahan dan makanan berserat merupakan pilihan yang tepat bagi…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

10 Gejala Kanker Paru Paru yang harus di Waspadai

(10 Gejala Kanker Paru Paru yang harus di Waspadai) – Kanker Paru Paru merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menurut World Health…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq