Manfaat Lidah Buaya dan Zat Kandunganya

Manfaat Lidah Buaya dan Zat Kandunganya Lidah buaya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun untuk kosmetik.

Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

Zat-zat tersebut termasuk enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin terkecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan; saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari lidah buaya:

  • Detoksifikasi. Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, tetapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.
  • Gangguan pencernaan. Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
  • Kesehatan mulut. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.
  • Perawatan kulit. Fungsinya juga menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit.
  • Diabetes. Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.
  • Membantu gerakan usus. Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.
  • Menjaga berat badan. Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.
  • Kekebalan. Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Luka bakar. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.
  • Ketombe. Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.

 

Top News

Asupan Kafein Berlebihan Sebabkan Sering Buang Air Kecil

Kafein yang biasa terkandung pada kopi (Coffee) memanglah zat yang bisa membantu mengurangi rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan dan juga mampu untuk meningkatkan semangat….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat

(Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat) – Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin yang berasal dari makanan yang kita…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Berat Badan Anda dengan Menu Diet Vegetarian berikut ini

Menurunkan berat badan / diet – Jika kita sedang melakukan diet vegetarian, alangkah baiknya lebih hati-hati dalam memilih menu makanan sehari-hari supaya terjamin…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Salah Satu Penyebab Rusaknya Otak, Sudahkah Anda Tahu?

Pemanis Buatan adalah pemanis yang dibuat dari berbagai macam bahan kimia dan telah disesuaikan dengan penggunanya, misalnya untuk penderita diabetes ataupun mereka yang…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Di Usia Senja, Wanita Rentan Terkena Osteoporosis

Bertambahnya usia merupakan sesuatu hal wajar dan pasti akan terjadi. Usia senja bisa jadi masa yang menakutkan bagi banyak orang. Sebab, ketika di…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Sulit tersenyum, Gejala Stroke Bagian Wajah

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, oleh karenanya gejala stroke harus diketahui sejak dini terlebih bagi mereka yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq