Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh

Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh Soda diet
Img: healthcastle.com

(Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh) – Kesehatan selalu memperoleh ancaman dari berbagai hal, baik dari pola makan maupun pola hidup yang tidak sehat. Soda diet, dikenal dengan minuman rendah atau tanpa gula, sehingga tak jarang pula orang yang terkecoh untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan berlebihan karena dipercaya tidak meningkatkan berat badan.

Dari berbagai penelitian, minuman manis ini memiliki efek yang tidak sehat terhadap tubuh. Parahnya, bisa berujung kematian jika tidak segera dicegah.

Seperti dilansir dari laman Fitsugar (26 Juli 2012), berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh Soda diet jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang berlebihan.

Kenaikan berat badan
Berat badan, ternyata juga dapat dipicu oleh asupan minuman ini, dalam suatu penelitian peminum soda diet yang disertai dengan kebiasaan gaya hidup tak sehat lebih memiliki risiko peningkatan berat badan.

Disamping itu, pemanis buatan dalam minuman ini justru membuatnya tidak merasa kenyang yang mendorong otak untuk bereaksi dengan mengirim sinyal untuk mengonsumsi gula lebih banyak. Hal ini tentu saja memicu terjadinya peningkatan gula darah (diabetes).

Risiko penyakit
Pada penelitian diketahui bahwa kebiasaan mengonsumsi diet soda memiliki hubungan dengan meningkatkanya risiko serangan stroke, diabetes tipe 2, osteoporosis. Disamping itu, asupan minuman ini dapat meningkatkan hingga 61 persen akan terkena serangan stroke, 4 persen lebih sedikit memiliki kepadatan tulang serta juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Gagal Ginjal dan Gigi Rusak
Jika anda merupakan seseorang yang mempunyai gigi dan ginjal yang sehat, sebaiknya mulailah untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi soda dan lebihbaik lagi jika tidak mengonsumsinya sama sekali.

Dalam sebuah penelitian menunjukkanbahwa wanita yang sering minum diet soda dalam jumlah banyak (dua liter atau lebih dalam setiap hari) mampu memicu terjadinya penurunan fungsi ginjal mencapai 30 persen, yang mana hal ini tentu saja meningkatkan risiko gagal ginjal. Tidak hanya itu, kandungan asam folat yang terdapat dalam soda dapat menjadikan gigi keropos karena terkikisnya kalsium dalam enamel gigi.

Top News

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Tangkal Serangan Flu

Kesehatan – Serangan penyakit flu memang kerap sekali menghampiri diwaktu musim penghujan maupun ketika cuaca sedang dingin. Tak heran memang jika penyakit flu…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tingkatkan Konsentrasi Belajar dengan Teh Hijau

Teh adalah minuman yang sudah dikenal akan aromanya yang khas serta rasanya yang nikmat ketika dikonsumsi. Teh dapat dikonsumsi dengan beberapa cara yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Manfaat dan khasiat daun memang sudah lama dikenal. Orang jawa biasanya menyebut Daun sirih ini dengan nama ‘SURUH’, Daun sirih sendiri memiliki nama…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Bahaya Konsumsi Vitamin Larut Lemak Berlebihan

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan stamina dan kesehatan. Akan tetapi, dalam mengonsumsinya juga tidak boleh berlebihan….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Berat Badan Dengan Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau memang sudah dipercaya memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, disamping mengandung antioksidan, beberapa penelitian diketahui bahwa teh hijau dapat menurunkan berat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Orang Kurus, Wajib Konsumsi Protein Ini

Kebugaran – Ketika mereka yang mengikuti program diet berlomba-lomba mengurus badan, maka tak sedikit orang kurus yang juga berlomba-lomba menggemukkan badan. Meski telah…

Yoan Allawy Yoan Allawy