Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh

Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh Soda diet
Img: healthcastle.com

(Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh) – Kesehatan selalu memperoleh ancaman dari berbagai hal, baik dari pola makan maupun pola hidup yang tidak sehat. Soda diet, dikenal dengan minuman rendah atau tanpa gula, sehingga tak jarang pula orang yang terkecoh untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan berlebihan karena dipercaya tidak meningkatkan berat badan.

Dari berbagai penelitian, minuman manis ini memiliki efek yang tidak sehat terhadap tubuh. Parahnya, bisa berujung kematian jika tidak segera dicegah.

Seperti dilansir dari laman Fitsugar (26 Juli 2012), berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh Soda diet jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang berlebihan.

Kenaikan berat badan
Berat badan, ternyata juga dapat dipicu oleh asupan minuman ini, dalam suatu penelitian peminum soda diet yang disertai dengan kebiasaan gaya hidup tak sehat lebih memiliki risiko peningkatan berat badan.

Disamping itu, pemanis buatan dalam minuman ini justru membuatnya tidak merasa kenyang yang mendorong otak untuk bereaksi dengan mengirim sinyal untuk mengonsumsi gula lebih banyak. Hal ini tentu saja memicu terjadinya peningkatan gula darah (diabetes).

Risiko penyakit
Pada penelitian diketahui bahwa kebiasaan mengonsumsi diet soda memiliki hubungan dengan meningkatkanya risiko serangan stroke, diabetes tipe 2, osteoporosis. Disamping itu, asupan minuman ini dapat meningkatkan hingga 61 persen akan terkena serangan stroke, 4 persen lebih sedikit memiliki kepadatan tulang serta juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Gagal Ginjal dan Gigi Rusak
Jika anda merupakan seseorang yang mempunyai gigi dan ginjal yang sehat, sebaiknya mulailah untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi soda dan lebihbaik lagi jika tidak mengonsumsinya sama sekali.

Dalam sebuah penelitian menunjukkanbahwa wanita yang sering minum diet soda dalam jumlah banyak (dua liter atau lebih dalam setiap hari) mampu memicu terjadinya penurunan fungsi ginjal mencapai 30 persen, yang mana hal ini tentu saja meningkatkan risiko gagal ginjal. Tidak hanya itu, kandungan asam folat yang terdapat dalam soda dapat menjadikan gigi keropos karena terkikisnya kalsium dalam enamel gigi.

Top News

Awas, Marah Dekatkan Diri Anda Dengan Serangan Jantung

Semua orang pasti pernah marah. Tapi berhati-hatilah bila anda suka mengumbar kemarahan. Karena sebuah penelitian membuktikan bahwa kemarahan dapat berakibat fatal bagi kesehatan….

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Tajamkan Indera Pengecap dengan Berhenti Merokok

Merokok sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri setiap hari bagi beberapa orang. Sudah diketahui oleh banyak orang jika bungkus rokok selalu diserta dengan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Manfaat Lidah Buaya dan Zat Kandunganya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Manfaat Tumbuhan “Ceplukan” Bagi Penderita Diabetes

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berat pada manusia. Dengan kenyataan seperti itu, pencegahan dan pengobatan Diabetes mutlak…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Cegah Diabetes Dengan Membiasakan Minum Air Putih

Air putih memang sudah dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama terhadap wanita. Minum Air putih setiap hari sebagai pengganti minuman manis…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Susu Cokelat Efektif Tingkatkan Energi Yang Terkuras

Setelah bekerja maupun olah raga yang menguras tenaga, biasanya badan terasa lemas dan tidak mempunyai energi. Dengan susu cokelat disamping lezat juga efektif…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq