Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh

Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh Soda diet
Img: healthcastle.com

(Bahaya Soda Diet Terhadap Kesehatan Tubuh) – Kesehatan selalu memperoleh ancaman dari berbagai hal, baik dari pola makan maupun pola hidup yang tidak sehat. Soda diet, dikenal dengan minuman rendah atau tanpa gula, sehingga tak jarang pula orang yang terkecoh untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan berlebihan karena dipercaya tidak meningkatkan berat badan.

Dari berbagai penelitian, minuman manis ini memiliki efek yang tidak sehat terhadap tubuh. Parahnya, bisa berujung kematian jika tidak segera dicegah.

Seperti dilansir dari laman Fitsugar (26 Juli 2012), berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh Soda diet jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang berlebihan.

Kenaikan berat badan
Berat badan, ternyata juga dapat dipicu oleh asupan minuman ini, dalam suatu penelitian peminum soda diet yang disertai dengan kebiasaan gaya hidup tak sehat lebih memiliki risiko peningkatan berat badan.

Disamping itu, pemanis buatan dalam minuman ini justru membuatnya tidak merasa kenyang yang mendorong otak untuk bereaksi dengan mengirim sinyal untuk mengonsumsi gula lebih banyak. Hal ini tentu saja memicu terjadinya peningkatan gula darah (diabetes).

Risiko penyakit
Pada penelitian diketahui bahwa kebiasaan mengonsumsi diet soda memiliki hubungan dengan meningkatkanya risiko serangan stroke, diabetes tipe 2, osteoporosis. Disamping itu, asupan minuman ini dapat meningkatkan hingga 61 persen akan terkena serangan stroke, 4 persen lebih sedikit memiliki kepadatan tulang serta juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Gagal Ginjal dan Gigi Rusak
Jika anda merupakan seseorang yang mempunyai gigi dan ginjal yang sehat, sebaiknya mulailah untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi soda dan lebihbaik lagi jika tidak mengonsumsinya sama sekali.

Dalam sebuah penelitian menunjukkanbahwa wanita yang sering minum diet soda dalam jumlah banyak (dua liter atau lebih dalam setiap hari) mampu memicu terjadinya penurunan fungsi ginjal mencapai 30 persen, yang mana hal ini tentu saja meningkatkan risiko gagal ginjal. Tidak hanya itu, kandungan asam folat yang terdapat dalam soda dapat menjadikan gigi keropos karena terkikisnya kalsium dalam enamel gigi.

Top News

Salah Satu Penyebab Rusaknya Otak, Sudahkah Anda Tahu?

Pemanis Buatan adalah pemanis yang dibuat dari berbagai macam bahan kimia dan telah disesuaikan dengan penggunanya, misalnya untuk penderita diabetes ataupun mereka yang…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Bothok – Olahan tradisional yang sehat dan kaya manfaat

Bothok / botok merupakan salah satu olahan tradisional asli Indonesia yang sangat familier. Dikutip dari Wikipedia.com, bothok merupakan makanan/olahan khas masyarakat Jawa yang…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Kurang Tidur Rentan Terserang Migrain

Para pekerja memanglah rentan terhadap serangan sakit kepala atau yang sering disebut dengan migrain. Melakukan aktifitas non stop tanpa adanya istirahat, tentu saja…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Nutrisi Alupkat, Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Manfaat buah alpukat memang sangat banyak. Disamping rasanya yang lezat, buah alpukat juga memiliki banyak nilai nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, lemak, serat…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Migrain / Kepala Nyut-nyutan? Tangkal Dengan Durian

Pernah merasakan nikmatnya memakan buah durian? jika belum cobalah menyantapnya untuk mendapatkan kenikmatan dan cita rasa yang khas dari buah ini. Disamping rasanya…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ternyata Bahaya Rokok Terhadap Wanita Lebih Besar Dibanding Pria

Para perokok memang didominasi oleh para pria. Namun jika sudah ketagihan, perokok wanita jauh lebih sulit unutuk berhenti merokok dibandingkan dengan pria ….

Zahfi Yuki Zahfi Yuki