11 Manfaat yang terdapat pada Pisang

11 Manfaat yang terdapat pada Pisang Buah Pisang

(11 Manfaat yang terdapat pada Pisang) – Pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin).

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang(Bandung), Pisang Molen (Bogor), dan epe (Makassar).

  1. Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.
  2. Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.
  3. Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung. Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung.
  4. Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi.
  5. Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan fe (zat besi) yang baik untuk darah.
  6. Sekelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, membuktikan bahwa getah pisang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.
  7. Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.
  8. Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.
  9. Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.
  10. Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.
  11. Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Disamping itu pisang juga memiliki khasiat menghambat penyebaran virus HIV-1, dimana lektin senyawa kimia yang terdapat pada pisang mampu mengikat gula yang ditemukan pada beberapa tempat penyebaran HIV-1.

Sumber: http://www.idafazz.com/manfaat-buah-pisang.php

Top News

Kacang Hijau, Baik untuk Penderita Diabetes

Kesehatan – Kacang hijau merupakan salah satu bahan pangan yang nikmat untuk dikonsumsi, terlebih jika dikreasikan menjadi bubur kacang hijau, kolak kacang hijau,…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Tubuh Gemuk, Dipengaruhi Oleh Faktor Ini

Tubuh gemuk, siapa yang tubuhnya menjadi gemuk berlebihan? tentu tidak ada yang menginginkannya. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan supaya tubuh tetap…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tingkatkan Konsentrasi Belajar dengan Teh Hijau

Teh adalah minuman yang sudah dikenal akan aromanya yang khas serta rasanya yang nikmat ketika dikonsumsi. Teh dapat dikonsumsi dengan beberapa cara yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Penyakit Berikut Ini Intai Perokok Pasif

Semua orang tahu merokok berbahaya bagi kesehatan. Orang yang merokok disebut perokok aktif, dan yang menghirup asap yang timbul dari bakaran rokok disebut…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Bakar Kalori Lebih Cepat dengan Mengayunkan Tangan

Body works Jalan kaki merupakan cara mudah dalam membakar kalori. Akan tetapi dengan cara ini memerlukan waktu lama jika ingin membakar kalori dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tak Selamanya Lemak Ancam Kesehatan Anda

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, lemak seringkali menjadi musuh utama yang ingin dihilangkan. Tapi tidak semua jenis lemak harus dimusuhi. Lemak…

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro