11 Manfaat yang terdapat pada Pisang

11 Manfaat yang terdapat pada Pisang Buah Pisang

(11 Manfaat yang terdapat pada Pisang) – Pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin).

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang(Bandung), Pisang Molen (Bogor), dan epe (Makassar).

  1. Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.
  2. Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.
  3. Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung. Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung.
  4. Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi.
  5. Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan fe (zat besi) yang baik untuk darah.
  6. Sekelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, membuktikan bahwa getah pisang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.
  7. Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.
  8. Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.
  9. Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.
  10. Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.
  11. Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Disamping itu pisang juga memiliki khasiat menghambat penyebaran virus HIV-1, dimana lektin senyawa kimia yang terdapat pada pisang mampu mengikat gula yang ditemukan pada beberapa tempat penyebaran HIV-1.

Sumber: http://www.idafazz.com/manfaat-buah-pisang.php

Top News

Mengenal Lebih Dekat Dengan Vitiligo

Mungkin vitiligo adalah salah satu nama penyakit yang masih asing ditelinga kita, penyakit ini merupakan suatu keadaan yang menyebabkan dipigmentasi bagian kulit. Dimana…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Air Tebu, Bantu Cukupi Kebutuhan Energi Ibu Hamil

Kehamilan – Air tebu merupakan salah satu jenis minuman yang sudah biasa ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. Disamping menyegarkan dan manis, tak banyak…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Batuk Akut Picu Serangan Bronkhitis

Bronkhitis, Batuk merupakan sesuatu hal yang wajar, namun kebanyakan orang meremahkan sakit batuk dan malas berobat karena beranggapan akan sembuh dengan sendirinya. Memang,…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Jambu Biji Merah

Pada umumnya jambu biji merah banyak diburu dan dikonsumsi ketika seseorang diantara mereka terkena serangan demam berdarah gengue atau yang dikenal sebutan DBD….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Anemia dengan Zat Besi (Fe)

Zat besi adalah zat dalam tubuh manusia yang memiliki kaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Zat Besi Dalam tubuh manusia mempunyai…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Penuaan Dini Dengan Buah Manggis

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat / manfaat buah manggis. Buah ini percaya memiliki senyawa xanthone dan sejumlah kandungan obat lain seperti anti…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq