Jenis-jenis Kanker Yang Sering Diderita Anak

Jenis-jenis Kanker Yang Sering Diderita Anak ils Virus berbahaya
Img: merdeka.com

Peran orang tua dalam mencari informasi dan mengetahui tentang keluhan atau penyakit yang diderita  anak sedini mungkin dapat mencegah bertambah parahnya kondisi tersebut yang salah satunya adalah penyakit kanker.ambah parah.

Seperti dilansir dari laman okezone, berikut ini merupakan jenis-jenis kanker yang sering dijumpai pada anak:
Neuroblastoma (Kanker Saraf)
Kanker Saraf atau Neuroblasoma adalah salah satu jenis kanker saraf yang bisa memunculkan banyak gejala berdasarkan lokasinya. Kanker Neuroblastoma biasanya terjadi di daerah mata, rongga dada dan leher. Jika kanker saraf terjadi didaerah tulang belakang maka dapat mengakibatkan cepat lumpuh. Jika kanker ini menyerang dibagian mata maka dapat menyebabkan pupil melebar, kelopak mata turun dan mata menonjol.

Jika Tumor Kanker terjadi di daerah sekitar perut akan terasa dibara ketika sudah besar. Penyebaran kanker di daerah tulang mampu menyebabkan patah tulang tanpa sebab ataupun tanpa nyeri, sehingga si penderita dapat pincang mendadak.

Tumor Wilms atau Kanker Ginjal
Kanker Ginjal yang biasanya disebut juga dengan Tumor Wilms, Tumor Wilms adalah jenis kanker ginjal yang sering menyerang anak. Ketika anak terkena kanker ini biasanya akan ditandai dengan rasa tidak nyaman dalam perut, kencing bercampur darah, jika sudah cukup besar dapat dirasakan ketika diraba dan biasanya akan mudah dikenali ketaki anak dimandikan.

Rabdomiosarkoma
Kanker Rabdomiosarkoma adalah jenis kanker yang biasanya dijumpai pada anak serta lebih sering menyerang bagian kandung kemih, leher, kepala, prostat (Kelenjar kelamin pria) serta Miss V.
Ketika anak menderita kanker ini gejala yang harus diperhatikan adalah menonjolnya mata keluar jika kanker terletak pada rongga mata, jika terjadi ditelinga dapat menimbulkan rasa nyeri atau keluarnya darah dari dalam telinga, jika kanker terdapat pada tenggorokan dapat menimbulkan sumbatan pada jalan nasaf (terganggunya sistem pernafasan), radang sinus, mimisan atau keluarnya darah dari dalam hidung bahkan terkadang sulit menelan makanan.

Ketika kanker Rabdomiosarkoma menyerang bagian kandung kemih dapat menyebabkan gangguan ketika buang air kecil dan terkadang air seni bercampur dengan darah, jika terdapat pada saluran pencernaan dapat mengakibatkan penderita gangguan buang air besar, otot juga dapat membengkakkan anggota gerak ketika kanker mengenai bagian otot.

Osteosarkoma (kanker tulang)
Kanker tulang atau yang dikenal dengan sebutan Osteosarkoma merupakan kanker yang menyerang tulang. Jika seseorang / penderita mengalami hal ini maka dapat menimbulkan pembengkakan yang cepat jika disertai rasa nyeri pada tulang, oleh karena itu hal ini menjadi faktor penting untuk selalu mewaspadai berbagai kemungkinan adanya kanker tulang.

Kanker tulang lebih sering menyerang pada setiap bagian tulang, namun yang lebih banyak dijumpai terdapat pada bagian pinggul dan tungkai lengan. Terkadang diawali dengan benturan keras seperti jatuh.

Top News

Resep Kopi Ajaib Berikut Dapat Kurangi Resiko Kanker Kulit

Dalam sebuah penelitian terbaru diketahui bahwa minum 4 cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko terkena kanker kulit melanoma. Penelitian ini dilakukan oleh para…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

3 Faktor Penyebab Utama Stres

(3 Faktor Penyebab Stres) – Kegiatan sehari-hari rumah tangga yang terasa tidak akan ada habisnya, pekerjaan masih menumpuk dan segera di selesaikan merupakan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Kelebihan Mengonsumsi Kopi Bisa Bikin Lelaki ‘Loyo’

Kopi diketahui sebagai minuman yang mampu meningkatkan stamina serta semangat sewaktu kerja. Jika tak dikonsumsi berlebihan, minuman kopi juga berkhasiat bagi lelaki yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Atasi Depresi dengan Coklat Hitam

Depresi sering menghampiri terhadap seseorang, terutama yang memiliki beban pikiran berat, aktivitas yang padat sehingga dapat menurunkan kesehatan mental dan emosional. Depresi adalah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Suka Begadang Sampai Pagi Picu Penuaan Dini

Dalam penelitian terdahulu diketahui bahwa terlalu sering begadang menjadikan tubuh terasa lebih lelah. Kurang tidur juga memberikan dampak tidak baik dalam kinerja memori…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Tangkal Serangan Flu

Kesehatan – Serangan penyakit flu memang kerap sekali menghampiri diwaktu musim penghujan maupun ketika cuaca sedang dingin. Tak heran memang jika penyakit flu…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq