Cegah Pembekuan Darah dengan Apel

Cegah Pembekuan Darah dengan Apel Buah Apel
Img: lagalus.com

Mengonsumsi satu buah apel setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang bisa mengancam jiwa seseorang. Pembekuan darah adalah salah satu pemicu serangan penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian di Harvard Medical Shool diketahui bahwa Buah Apel mengandung bahan kimia yang disebut dengan “rutin”, rutin adalah sebuah agen anti-pembekuan darah dalam pembuluh nadi serta vena.

Rutin dapat dijumpai pada apel, bawang, jeruk, teh hitam dan hijau, yang mana dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan di masa depan dalam melindungi jantung dari serangan penyakit jantung.

Pada penelitian tersebut, team peneliti menjumpai adanya bahan kimia yang dapat memblokir enzim berbahaya yang memiliki peran dalam proses pembekuan darah. Enzim tersebut adaalh rotein disulfida isomerase (PDI) yang dilepaskan dengan sangat cepat sewaktu terjadi gumpalan darah terjadi dalam vena dan arteri.

Seperti dilansir dari laman Foxnews bahwa Prof Robert Flaumenhaft pimpinan dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa “Rutin terbukti mampu menjadi senyawa yang memiliki potensial anti-pembekuan darah yang pernah kami uji”, penemuan tersebut menunjukkan jika rutin mampu mengobati serta mencegah berbagai jenis gumpalan darah.

Disamping mengenyangkan yang dapat membantu program diet seseorang, mengonsumsi buah apel ternyata juga dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, tidak ada ruginya jika mengonsumsi buah apel setiap hari untuk meningkatkan kesehatan.

Top News

Manfaat Air Putih Yang Jarang Terpikirkan

Air putih adalah minuman yang memiliki sejuta kebaikan dan menyehatkan tubuh. Namun, tak sedikit orang yang cenderung lebih suka mengonsumsi minuman dengan rasa…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda Setiap Hari

Walaupun banyak orang mentegahui bahwa minuman bersoda merupakan minuman yang tidak sehat, namun masih banyak yang tetap mengonsumsinya. Bahkan tak sedikit orang yang…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Manfaat Lidah Buaya dan Zat Kandunganya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Makan Telur Mentah, Bikin Stamina Tetap Terjaga

Dibalik rasanya yang khas, telur mentah ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan. Beberapa diantaranya adalah menyehatkan jantung, berikan energi dan bikin stamina tetap terjaga….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia 4 Sumber Nutrisi Penguat Tulang

Tulang merupakan organ tubuh yang sangat vital. Tanpa tulang yang kuat kita munkgin tak dapat menjalankan aktivitas dengan baik sehari-hari. Oleh karenanya kita…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Asupan Kafein Berlebihan Sebabkan Sering Buang Air Kecil

Kafein yang biasa terkandung pada kopi (Coffee) memanglah zat yang bisa membantu mengurangi rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan dan juga mampu untuk meningkatkan semangat….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq