8 Manfaat Sarapan dengan Telur

8 Manfaat Sarapan dengan Telur Putih telur
Images:JPNN

Telur sudah lama dikenal menjadi pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna, tak jarang jika sebagian orang suka sarapan dengan telur bahkan menjadikan makanan favorit yang memang kaya akan gizi.

Terlebih setelah ditemukannya berbagai manfaat sarapan dengan telur terhadap kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Telur dapat meningkatkan stamina
Protein yang terkandung pada putih telur atau yang dikenal dengan albumin, dipercaya efektif dalam membantu tubuh untuk melakukan penyerapan protein guna membentuk otot tubuh.

2. Telur sebagai sumber energi
Telur yang dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu dapat menjadi pilihan alternatif untuk sarapan, dimana kuning telur dianggap baik untuk meningkatkan energi tubuh terutama jika Anda tengah buru-buru melakukan aktivitas maupun sedang menjalani program diet.

3. Melindungi mata
Telur diperkaya dengan dua antioksidan, zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam zat pigmen kuning telur ini dipercaya efektif untuk membantu mencegah penurunan ketajaman penglihatan (degerasi makula) akibat penuaan. Zeaxanthin dan lutein dalam kuning telur juga dapat melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar UV.

4. Menurunkan berat badan
Proten yang terdapat pada telur mampu mengontrol rasa lapar lebih baik dan juga dapat bekerja seabgai penekan rasa lapar yang memungkinkan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tentu saja hal ini sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan melalui program diet sehat.

5. Meningkatkan konsentrasi
Mengonsumsi telur dipercaya dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh melalui protein telur yang dapat terserap tubuh dengan baik. Disamping itu, hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi seseorang menjadi lebih baik lagi.

6. Perlambat penuaan otak
Otak, merupakan salahs atu organ vital manusia yang harus tetap terjaga kesehatannya. Berbicara menjaga kesehatan otak, nampaknya kandungan kolin yang biasa terdapat dalam telur dapat membantu meningkatkan perkembangan memori serta fungsi kognitif. Selain itu, kolin juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang menjadi lebih tajam.

7. Bikin kenyang
Menjadikan telur sebagai menu sarapan dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama daripada sarapan menggunakan roti panggang maupun sereal.  Setidaknya mengonsumsi 2 telur setiap pagi dapat membantu menghentikan kebiasaan mengasup makanan diluar jam / jadwal makan.

8. Tidak memperburuk kolesterol
Telur, juga diketahui mengandung beberapa kolesterol. Namun, kolesterol ini tidak membahayakan kesehatan tubuh. Jadi, meskipun mengasup kolesterol yang ada pada telur tidak akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan seperti misalnya meningkatnya risiko penyakit jantung.

Top News

Cegah Hipertensi dengan Ikan Salmon

Hypertensi – Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tekstur khas dan rasa yang nikmat. Selain itu ikan ini juga kaya…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Beberapa Kebaikan Dalam Mengonsumsi Bayam

Kesehatan – Dari sekian banyak sayuran hijau, bayam disebut-sebut sebagai salah satu sayuran hijau paling banyak disukai karena tingginya nutrisi didalamnya. Hal tersebut…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil

(Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil) – Saat memutuskan Hamil, Kebanyakan wanita tidak melakukan tes kesehatan. Padahal tes kesehatan ini memiliki fungsi yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Teh Jahe, Ampuh Atasi Sakit Perut dan Mual

Teh dan jahe merupakan dua jenis minuman yang telah lama dikenal ampuh dalam menjaga kesehatan. Lalu, bagaimana jika kedua jenis meniman ini dijadikan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Darah Tinggi dengan Rajin Olahraga

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang berbahaya. Hal ini disebabkan karena jika tekanan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Buah Alpukat, Cegah Sesak Nafas (Asma)

Asma adalah salah satu jenis penyakit atau gangguan pernafasan yang mempengaruhi kinerja paru-paru seseorang. Penyakit asma masih tergolong jenis penyakit jangka panjang yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq