8 Manfaat Sarapan dengan Telur

8 Manfaat Sarapan dengan Telur Putih telur
Images:JPNN

Telur sudah lama dikenal menjadi pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna, tak jarang jika sebagian orang suka sarapan dengan telur bahkan menjadikan makanan favorit yang memang kaya akan gizi.

Terlebih setelah ditemukannya berbagai manfaat sarapan dengan telur terhadap kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Telur dapat meningkatkan stamina
Protein yang terkandung pada putih telur atau yang dikenal dengan albumin, dipercaya efektif dalam membantu tubuh untuk melakukan penyerapan protein guna membentuk otot tubuh.

2. Telur sebagai sumber energi
Telur yang dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu dapat menjadi pilihan alternatif untuk sarapan, dimana kuning telur dianggap baik untuk meningkatkan energi tubuh terutama jika Anda tengah buru-buru melakukan aktivitas maupun sedang menjalani program diet.

3. Melindungi mata
Telur diperkaya dengan dua antioksidan, zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam zat pigmen kuning telur ini dipercaya efektif untuk membantu mencegah penurunan ketajaman penglihatan (degerasi makula) akibat penuaan. Zeaxanthin dan lutein dalam kuning telur juga dapat melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar UV.

4. Menurunkan berat badan
Proten yang terdapat pada telur mampu mengontrol rasa lapar lebih baik dan juga dapat bekerja seabgai penekan rasa lapar yang memungkinkan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tentu saja hal ini sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan melalui program diet sehat.

5. Meningkatkan konsentrasi
Mengonsumsi telur dipercaya dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh melalui protein telur yang dapat terserap tubuh dengan baik. Disamping itu, hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi seseorang menjadi lebih baik lagi.

6. Perlambat penuaan otak
Otak, merupakan salahs atu organ vital manusia yang harus tetap terjaga kesehatannya. Berbicara menjaga kesehatan otak, nampaknya kandungan kolin yang biasa terdapat dalam telur dapat membantu meningkatkan perkembangan memori serta fungsi kognitif. Selain itu, kolin juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang menjadi lebih tajam.

7. Bikin kenyang
Menjadikan telur sebagai menu sarapan dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama daripada sarapan menggunakan roti panggang maupun sereal.  Setidaknya mengonsumsi 2 telur setiap pagi dapat membantu menghentikan kebiasaan mengasup makanan diluar jam / jadwal makan.

8. Tidak memperburuk kolesterol
Telur, juga diketahui mengandung beberapa kolesterol. Namun, kolesterol ini tidak membahayakan kesehatan tubuh. Jadi, meskipun mengasup kolesterol yang ada pada telur tidak akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan seperti misalnya meningkatnya risiko penyakit jantung.

Top News

Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil

(Pentingnya Pemeriksaan Tes Kesehatan Sebelum Hamil) – Saat memutuskan Hamil, Kebanyakan wanita tidak melakukan tes kesehatan. Padahal tes kesehatan ini memiliki fungsi yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Teh Hijau, Bantu Turunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Siapa sangka kalau Teh Hijau ternyata memiliki khasiat luar biasa terhadap kesehatan tubuh, dengan aroma dan rasa yang khas menjadikan minuman ini banyak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Melawan Kebiasaan Tidur yang Buruk

Ketika anda tidak tidur nyenyak, di hari berikutnya anda akan merasa seperti punya beban berat. Untungnya, beberapa isu-isu tidur dapat dengan mudah diperbaiki…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah sembelit dan penuaan dengan Timun

Siapa yang tidak mengenal buah timun, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat pada timun efektif mengurangi risiko penuaan serta kandungan vitamin K didalamnya dapat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Enak Namun Buruk Bagi Kesehatan

Ada kalanya saat tubuh ini lelah, keluar keinginan untuk makan atau minum makanan yang mengandung gula agar dapat mengembalikan stamina. Namun, hal tersebut…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Ketela pohon, Jadi menu Sarapan Sehat

Kesehatan – Bagi vegetarian, memang tidak biasa mengonsumsi daging yang tinggi terhadap kandungan protein. Namun bukan berarti para vegetarian tidak memiliki pilihan untuk…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq