Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat

Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat ils: Penyakit asam urat

(Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat) – Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Zat purin juga merupakan hasil dari pemecahan sel-sel darah.

Zat purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin. Lalu karena kita memakan daging makhluk hidup tersebut, maka zat purin berpindah dari makhluk hidup tersebut ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga mengandung zat purin. Zat purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena suatu penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin (kencing), tetapi karena sesuatu hal sehinga ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadar asam urat meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh adalah terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak zat purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkak.

Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat sembuh sehingga kadar asam urat dalam tubuh kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi kekambuhan penumpukan asam urat, maka disarankan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin.

Gejala Penderita Asam Urat:

  • Kesemutan dan linu.
  • Nyeri sendi terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
  • Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

Mengatasi Penderita Asam Urat:
Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.

Kontrol makanan yang dikonsumsi.
Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, dapat membantu membuang zat purin yang ada dalam tubuh.

Makanan yang perlu dihindari Oleh Penderita Asam Urat:

  • Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  • Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  • Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  • Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
  • Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, dan air kelapa.
  • Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

 

Top News

Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat

(Pengertian Asam Urat Dan Gejala Penderita Asam Urat) – Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin yang berasal dari makanan yang kita…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Merokok Persingkat Umur Anda

Perokok mempunyai risiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tak merokok. Hal itu bukanlah sesuatu yang baru lagi bagi semua orang….

Sendya Pratomo Putro Sendya Pratomo Putro

Tingkatkan Konsentrasi Belajar dengan Teh Hijau

Teh adalah minuman yang sudah dikenal akan aromanya yang khas serta rasanya yang nikmat ketika dikonsumsi. Teh dapat dikonsumsi dengan beberapa cara yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Suka Begadang Sampai Pagi Picu Penuaan Dini

Dalam penelitian terdahulu diketahui bahwa terlalu sering begadang menjadikan tubuh terasa lebih lelah. Kurang tidur juga memberikan dampak tidak baik dalam kinerja memori…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

11 Manfaat yang terdapat pada Pisang

(11 Manfaat yang terdapat pada Pisang) – Pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana)….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

10 Khasiat Yang Tersembunyi dalam Buah Tin

Manfaat dan khasiat buah TIN (Ficus Carica) terhadap kesehatan – Dikutip dari Wikipedia.com, Tin atau Ara (Ficus carica. L)adalah sejenis tumbuhan penghasil buah…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo