3 Faktor Penyebab Utama Stres

3 Faktor Penyebab Utama Stres Kondisi stress
img: timesunion.com

(3 Faktor Penyebab Stres) – Kegiatan sehari-hari rumah tangga yang terasa tidak akan ada habisnya, pekerjaan masih menumpuk dan segera di selesaikan merupakan aktivitas yang umumnya membuat orang merasa pikiran terasa tertekan. Banyak hal yang terjadi di sekeliling kita bisa memicu kecemasan dan timbulnya rasa stres.

Untuk mengetahui secara dini apa hal-hal tersebut merupakan biang keladi paling utama pada kondisi stres, para ilmuwan dari Institut Personalia dan Pembangunan ini melakukan sebuah penelitian. Dimana mereka menginformasikan bahwa, stres adalah penyebab utama kecacatan permanen dan gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Dan, stres ini juga bisa menyebar lebih luas daripada penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, kanker, dan gangguan pada punggung.

Para ilmuwan ini percaya, stres paling sering terjadi di tempat kerja, yang diakibatkan oleh guncangan ekonomi berkepanjangan. Pada penilitan ini ilmuwan juga menemukan, tingkat stres tertinggi ditemukan pada perusahaan yang tengah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk meredakan stres, para karyawan biasanya akan pergi iburan dalam waktu lebih lama.

Profesor Cary Cooper dari Universitas Lancaster mengemukakan bahwa, stres merupakan pemicu. Tapi masalah yang sebenarnya terjadi ketika orang tersebut tidak lagi bisa mengatasi rasa cemas dan stres dalam dirinya. Bila hal ini terjadi, maka dia akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, kehilangan rasa humor serta mudah kehilangan emosi.

Orang yang sering mengalami kondisi stres juga cenderung mengikuti gaya hidup yang tidak sehat seperti aktivitas makan berlebihan atau kurang gizi, mulai merokok dan minum alkohol dalam jumlah banyak. Dari sinilah sebenarnya gangguan kesehatan dan penyakit tersebut muncul dan akan terasa dalam waktu yang agak lama.

Stres juga dapat terjadi akibat kelebihan beban pekerjaan, gaya manajerial di perusahaan yang tidak cocok dengan kita dan masalah-masalah yang dialami di rumah.

Sebaiknya kita memang harus mengenali tanda-tanda stress secara dini, bila kita telah mengetahui hal-hal yang menyebabkan stres sebaiknya kita mengistirahatkan pikiran dengan cara, berlibur, istirahat cukup, tidur yang cukup, sehingga nanti pikiran kita bisa fresh kembali dan kita bisa melanjutkan aktifitas kita seperti biasa.

Top News

Olahraga Ini Efektif Turunkan Berat Badan (Obesitas)

Rajin berolahraga adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Disamping itu, olahraga juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Manfaat dan khasiat daun memang sudah lama dikenal. Orang jawa biasanya menyebut Daun sirih ini dengan nama ‘SURUH’, Daun sirih sendiri memiliki nama…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda Setiap Hari

Walaupun banyak orang mentegahui bahwa minuman bersoda merupakan minuman yang tidak sehat, namun masih banyak yang tetap mengonsumsinya. Bahkan tak sedikit orang yang…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Maksimalkan Energi Dalam Tubuh dengan Telur Mentah

Manfaat telur mentah ternyata tidak sekedar hanya mampu menangkal kebutaan dan katarak saja, namun juga dapat membentuk otot tubuh lebih kuat dan berisi….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Khasiat Cabe Rawit Pedas, Sembuhkan Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang termasuk mematikan selain HIV/AIDS atapun kanker di dunia. Tapi ternyata terdapat hal yang mudah dilakukan namun…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Cegah Kanker dengan Kulit Buah Manggis

Buah manggis merupakan buah yang penuh dengan nutrisi termasuk senyawa xanthone, baik daging buah hingga kulit manggis. Sehingga tak sedikit orang yang memburunya…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq