Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit

Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit Olahraga Senam
Img: petukanganclinic.com

Ketika seseorang dalam waktu yang lama pada posisi tertentu, terkadang tubuh merasa jadi lebih kaku. Sewaktu seseorang bekerja dikantor, beberapa orang berada di posisi duduk dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan tubuh terasa kaku dan lebih berat.

Supaya badan tidak terasa lebih kaku dan berat maka perlu melakukan pelenturan badan, berikut ini merupakan cara atau teknik untuk melenturkan badan dalam waktu yang boleh dibilang singkat, seperti dikutip dari laman Healt:

1. Melakukan peregangan otot pada kaki, pinggang dan sekaligus tangan
Lakukan peregangan pada kaki, pinggang dan tangan sekaligus. Caranya cukup mudah, yakni berdiri dengan merentangkan kaki, setelah itu bungkukkan badan sambil ayunkan tangan keatas dan kebawah efektif menjadikan tubuh terasa lebih lentur.

2. Posisi belakang
Dengan teknik meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang, bahu terbuka, memperkuat otot punggung mampu merangsang sistem saraf pusat. Berbaringlah secara telungkup dengan meletakkan kening di lantai, lengan disamping, kaki lurus dan telapak tangan keatas. Bersamaan dengan itu tarik napas, tubuh bagian atas, kepala, kaki dan lengan diangkat dari lantai. Kemudian tahan dan selanjutnya turunkan perlahan-lahan.

3. Penekukan badan kedepan
Cara pelenturan tubuh dengan teknik menekuk badan ke depan ini sangatlah mudah, cukup dengan merenggangkan paha belakang serta otot punggung efektif menenangkan sistem saraf. Dengan cara duduk pada lantai atau diatas matras sambil meluruskan kedua kaki kedepan, selanjutnya membungkukkan badan diikuti dengan menarik napas dapat membantu merilekskan beberapa otot yang kaku dan tegang.

4. Senam Yoga untuk peregangan
Beberapa gerakan dari senam yoga dapat berguna untuk melenturkan tubuh. Dengan melaksanakan beberapa gerakan yoga dalam waktu beberapa menit dipercaya sangat ampuh menjadikan tubuh lebih lentur.

5. Gerakan triangle
Merenganggakan beberapa otot pada paha belakang serta otot tulang belakang mampau meningkatkan mobilitas pada bahu. Cukup dengan berdiri serta merentangkan kaku dan membungkukkan badan diikuti menarik napas dapat menjadikan tubuh terasa lentur hanya dalam beberapa menit saja.

Dengan melenturkan beberapa otot yang kaku tidak hanya mengurangi rasa pegal / tidak nyaman, namun dengan melakukan peregangan otot dibeberapa bagian tubuh mampu melancarkan peredaran darah sehingga badan tidak mudah terasa pega dan linu.

Top News

Kebal antibiotik, WHO kembangkan antibiotik baru

diwarta.com – WHO mengatakan jenis antibiotik baru harus segera dikembangkan. Dimana WHO memperingatkan bahwa kekebalan terhadap antibiotik menjadi ancaman global bagi kesehatan masyarakat….

Ahmad Zainudin Ahmad Zainudin

Rokok Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Ginjal

Dampak buruk merokok tak hanya terhadap perokok aktif saja, namun juga dapat dialami oleh seseorang yang ada disekitarnya atau yang sering dikatakan dengan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Kersen – Tanaman Peneduh Berkhasiat Ampuh

Kersen atau biasa disebut talok, seri, ceri atau keres (Muntingia calabura. L.), merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh disekitar kita, dan sering ditanam sebagai…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Cegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Jambu Biji Merah

Pada umumnya jambu biji merah banyak diburu dan dikonsumsi ketika seseorang diantara mereka terkena serangan demam berdarah gengue atau yang dikenal sebutan DBD….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Ubanan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Rambut putih (Ubanan) merupaka sesuatu hal yang wajar dan tentu semua orang sudah menyadari akan munculnya uban ketika usia sudah lanjut. Namun tak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Cegah Gila Belanja dengan Pil Alzheimer

Kebisaan untuk belanja ternyata bisa dicegah dengan cara sederhana, yakni dengan mengonsumsi Pil Alzheimer dipercaya mampu menuntaskan gangguan gila belanja. Dalam sebuah penelitian…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq