Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit

Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit Olahraga Senam
Img: petukanganclinic.com

Ketika seseorang dalam waktu yang lama pada posisi tertentu, terkadang tubuh merasa jadi lebih kaku. Sewaktu seseorang bekerja dikantor, beberapa orang berada di posisi duduk dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan tubuh terasa kaku dan lebih berat.

Supaya badan tidak terasa lebih kaku dan berat maka perlu melakukan pelenturan badan, berikut ini merupakan cara atau teknik untuk melenturkan badan dalam waktu yang boleh dibilang singkat, seperti dikutip dari laman Healt:

1. Melakukan peregangan otot pada kaki, pinggang dan sekaligus tangan
Lakukan peregangan pada kaki, pinggang dan tangan sekaligus. Caranya cukup mudah, yakni berdiri dengan merentangkan kaki, setelah itu bungkukkan badan sambil ayunkan tangan keatas dan kebawah efektif menjadikan tubuh terasa lebih lentur.

2. Posisi belakang
Dengan teknik meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang, bahu terbuka, memperkuat otot punggung mampu merangsang sistem saraf pusat. Berbaringlah secara telungkup dengan meletakkan kening di lantai, lengan disamping, kaki lurus dan telapak tangan keatas. Bersamaan dengan itu tarik napas, tubuh bagian atas, kepala, kaki dan lengan diangkat dari lantai. Kemudian tahan dan selanjutnya turunkan perlahan-lahan.

3. Penekukan badan kedepan
Cara pelenturan tubuh dengan teknik menekuk badan ke depan ini sangatlah mudah, cukup dengan merenggangkan paha belakang serta otot punggung efektif menenangkan sistem saraf. Dengan cara duduk pada lantai atau diatas matras sambil meluruskan kedua kaki kedepan, selanjutnya membungkukkan badan diikuti dengan menarik napas dapat membantu merilekskan beberapa otot yang kaku dan tegang.

4. Senam Yoga untuk peregangan
Beberapa gerakan dari senam yoga dapat berguna untuk melenturkan tubuh. Dengan melaksanakan beberapa gerakan yoga dalam waktu beberapa menit dipercaya sangat ampuh menjadikan tubuh lebih lentur.

5. Gerakan triangle
Merenganggakan beberapa otot pada paha belakang serta otot tulang belakang mampau meningkatkan mobilitas pada bahu. Cukup dengan berdiri serta merentangkan kaku dan membungkukkan badan diikuti menarik napas dapat menjadikan tubuh terasa lentur hanya dalam beberapa menit saja.

Dengan melenturkan beberapa otot yang kaku tidak hanya mengurangi rasa pegal / tidak nyaman, namun dengan melakukan peregangan otot dibeberapa bagian tubuh mampu melancarkan peredaran darah sehingga badan tidak mudah terasa pega dan linu.

Top News

Kendalikan Obesitas (Kegemukan) dengan Buah Stroberi

Buah Stroberi, disamping lezat buah Stroberi (Strowbery) juga dikenal dengan buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah stroberi…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Minum Kopi dengan Bijak, Sehatkan Hati

Kesehatan – Minum secangkir kopi di pagi hari tidak hanya sekedar dapat menghadang kantuk saja, namun juga mampu menyehatkan hati, demikian temuan dalam…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita

Minuman kopi memang memiliki segudang manfaat. Diantaranya, kopi juga dipercaya mampu mengurangi resiko terkena penyakit stroke bagi wanita. Penyakit stroke adalah penyakit yang…

Dian Kartika Dian Kartika

Pengertian Penyakit Karies Gigi

Karies Gigi adalah penyakit jaringan pada gigi yang sering dijumpai. Penyakit tersebut biasanya ditandai dengan kerusakan pada jaringan keras gigi (lubang pada gigi)….

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Beberapa makanan yang dapat membantu membentuk otot yang kuat

Memiliki otot yang bagus serta kuat merupakan impian setiap laki-laki (pria), dimana pria akan tampil lebih Percaya Diri dengan tubuh yang sehat serta…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Makanan Sehat Tidak Harus Mahal, Ubi Jalar pun Jadi

Ubi jalar merupakan salah satu makanan sehat alami yang memiliki harga sangat murah. Terlebih kalau Anda mau membelinya dari petaninya langsung. Disamping murah,…

Yoan Allawy Yoan Allawy