Kenali tanda-tanda Tertular TBC

Kenali tanda-tanda Tertular TBC Penyakit TBC
img: Beriwarnahidup Blog

Sebagian orang mengenali gejala penyakit TBC atau Tuberculosis adalah batuk-batuk. Padahal masih banyak gejala lain yang harus di waspadai seperti nyeri pungung apabila infeksinya sudah mengenai tulang, berat badan berkurang dan berkurangnya nafsu makan.

Beberapa gejala tersebut akan muncul sewaktu status infeksi pada tahap TB Aktif, dimana kondisi ini sudah menimbulkan rasa sakit. Dalam beberapa kasus infeksi TBC tidak selalu menimbulkan rasa sakit, sehingga tidak menimbulkan gejala yang biasa disebut dengan TB Laten.

Seperti dikutip dari laman WebMD pada hari Kamis (1/3/2012) berikut ini merupakan Gejala jika seseorang sudah terinfeksi TBC:

Penurunan berat badan
Sebagian besar pengidap penyakit TBC memiliki keluhan hilangnya nafsu makan dalam berhari-hari. Secara langsung sudah dapat diketahui dampaknya yakni penurunan berat badan yang drastis, kondisi ini menjadi salah satu gejala khas pada seseorang yang memiliki infeksi TBC pada paru-paru.

Batuk kronis
Beberapa dokter menganjurkan jika seseorang mengalami batuk yang tak kunjung sembuh hingga 2 pekan, maka harus segera melakukan pemeriksaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih jauh, disamping itu juga kemungkinan tertular TBC selalu ada. Bantuk yang disebabkan oleh terjadinya infeksi TBC biasanya dibarengi adanya dahak kental, terkadang juga disertai bercak darah jika infeksi TBC sudah parah.

Demam
Semua jenis infeksi umumnya ditandai adanya peningkatan suhu tubuh atau yang biasa disebut demam, kondisi ini dapat diartikan apabila sistem kekebalan tubuh berusaha melawan kuman, infeksi TBC biasanya juga dapat menyebabkan demam yang juga disertai dengan keringat dingin dan menggigil.

Sesak napas
Kuman TBC jika sudah menginfeksi paru-paru maupun saluran yang mengarah ke sana dapat mempengaruhi sistem pernafasan. Hal ini dapat memicu timbulnya gejala sesak napas dibarengi dengan rasa nyeri dalam dada, jika dilakukan scanning dengan rontgen biasanya nampak flek yang hal ini dapat diartikan adanya keruakan dalam jaringan paru.

Cepat letih dan Lemas
Disamping nafsu makan berkurang, fungsi sistem pernafasan tidak efektif lagi yang hal ini disebabkan rusaknya jaringan paru-paru sehingga tubuh terasa cepat lemas dan letih. Penderita TBC pada umumnya terlihat lesu dan gampang mengeluh kelelahan pada setiap melakukan aktivitas.

Nyeri punggung
Hampir 15 persen diperkirakan pengidap penyakit TBC mengalami infeksi pada jaringan paru-paru luar, yang umum terjadi salah satunya adalah munculnya rasa nyeri punggung, nyeri punggung tersebut disebabkan infeksi TBC sudah mulai menyerang jaringan tulang. Kurang lebih 25 persen dari jumlah TBC yang dikenal dengan TB extrapulmonary ini awalnya dari TBC paru yang tidak dirawat dengan baik dalam arti tidak mendapat pengobatan yang lebih baik.

Top News

Suka Begadang Sampai Pagi Picu Penuaan Dini

Dalam penelitian terdahulu diketahui bahwa terlalu sering begadang menjadikan tubuh terasa lebih lelah. Kurang tidur juga memberikan dampak tidak baik dalam kinerja memori…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita

Minuman kopi memang memiliki segudang manfaat. Diantaranya, kopi juga dipercaya mampu mengurangi resiko terkena penyakit stroke bagi wanita. Penyakit stroke adalah penyakit yang…

Dian Kartika Dian Kartika

Gigi nampak putih hanya dengan 5 cara

Baru-baru ini memang telah ada banyak cara mudah dan praktis untuk menciptakan gigi terlihat lebih putih. Akan tetapi, bagi beberapa orang merasa tidak…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Ini Dia Segudang Manfaat Kesehatan Ubi Jalar

Nutrisi – tak harus mahal dalam mengonsumsi makanan sehat. Hal ini terbukti dari si ubi jalar, dimana didalamnya kaya dengan nutrisi yang diperlukan…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Ini Dia Khasiat Bunga Mawar yang jarang diketahui

Kelopak bunga mawar tak hanya sedap dipandang, namun siapa sangka dibalik keindahan bunga mawar ternyata tersimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kelopak…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

6 Virus Mematikan Yang Mengancam Kelangsungan Hidup Manusia

(6 Virus Mematikan Yang Mengancam Kelangsungan Hidup Manusia) 1. Virus Ebola Ebola (Virus Kongo) adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq