Beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu hamil

Beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu hamil Kehamilan - Pregnancy
Img: salon.com

(5 hal yang harus diketahui oleh ibu hamil) РMerencanakan kelahiran bayi yang selalu dinanti dalam kandungan merupakan salah satu hal uar biasa sekaligus momen yang sangat menarik. Meskipun  begitu ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melahirkan.

Seorang ibu yang hamil pasti memiliki banyak pertanyaan dalam benaknya, seperti bagaimana rasanya melahirkan atau prosedur apa yang akan dilakukannya saat melahirkan.

Ibu hamil perlu komunikasi secara terbuka dengan dokter atau bidan yang nanti ikut membantu proses kelahiran bayi. Disamping itu ibu hamil juga lebih baik sudah mencaritahu pilihan kelahiran apa saja yang tersedia, dengan harapan nantinya sudah memiliki sedikit gambaran tentang kelahiran.

Berikut ini merupakan hal-hal yang sebaiknya perlu dibicarakan dengan dokter atau bidan sebelum proses persalinan:
1. Pengetahuan tentang Operasi Caesar
Melahirkan bukanlah suatu proses yang mudah, Kelahiran secara caesar adalah sebuah operasi yang bisa dibilang besar dimana operasi caesar ini memiliki risiko dan komplikasi serta proses pemulihan yang cukup lama. Untuk itu perlu diketahui bagaimana pengalaman dokter dan rumah sakit tersebut dalam menangani proses operasi caesar.

2. Intervensi
Beberapa intervensi dapat diberikan dalam membantu proses persalinan seperti obat pitocin yang biasanya digunakan untuk induksi. Oleh sebab itulah tanyakan pada dokter intervensi apa yang dapat diberikan apakah induksi, episiotomi atau menggunakan bantuan vakum serta forcep.

3. Proses persalinan
Mintalah informasi seputar proses apa saja yang biasa digunakan dalam persalinan seperti secara normal atau operasi caesar. Jika ingin melahirkan di rumah maka hal-hal apa sajakah yang harus diketaui dan kondisi bayi bagaimanakah yang memungkinkan untuk melahirkan di rumah.

4. Penghilang rasa sakit atau nyeri
Jika seorang ibu hamil berencana menggunakan epidural, maka sebaiknya mengetahui jenis obat apa saja yang ditawarkan untuk hal ini. Jika ingin melahirkan secara alami penting untuk diketahui metode apa saja yang nanti ditawarkan untuk membantu meredakan rasa sakit.

5. Rencana melahirkan
Ibu hamil memang seharusnya mengkonsultasikan dengan dokter atau perawat mengenai rencana melahirkannya bagaimana, misalnya ingin melakukan inisiasi menyusu dini setelah bayi lahir. Rencana ini juga dapat membantu jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kelima hal tersebut sangat penting untuk diketahui setiap ibu hamil, khususnya kehamilan pertamanya. Dimana seorang ibu yang masih sangat awam tentang proses melahirkan.

Top News

Pengertian Vitamin D dan Fungsinya

Vitamin D adalah satu diantara beberapa vitamin yang dapat larut dalam lemak, secara alami Vidamin D hanya tersedia sangat sedikit sekali dalam jenis…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Khasiat Kunyit Berikut, Baik Untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kunyit dapat memberikan warna kuning pada makanan, dan memberikan rasa pada…

Didin Aryo Susilo Didin Aryo Susilo

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan buah Leci

Kesehatan – Siapa yang tidak kenal dengan buah leci. Buah tropis yang familiar di Indonesia ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Mengonsumsi Buah dan Sayuran Pilihan Menyehatkan

Buah dan sayuran merupakan makanan alami yang menyehatkan, dalam buah dan sayuran terdapat banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan menyantap sayuran dan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Turunkan Kolesterol Jahat dengan Oatmeal

Kesehatan – Gandum utuh adalah salah satu sumber serat terbaik yang diperlukan oleh tubuh. Bahan makanan menyehatkan tersebut selanjutnya diolah menjadi oatmeal yang…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Daun Herbal Ini Berbahaya Untuk Penderita Jantung

Punya masalah dengan jantung? sebaiknya hindari mengonsumsi herbal Ginkgo biloba. Ginkgo biloba adalah daun herbal yang dapat digunakan untuk memperkuat daya ingat, mencegah…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq