TOP News
Home » Health Tips » Kersen – Tanaman Peneduh Berkhasiat Ampuh
kersen-keres img.google

Kersen – Tanaman Peneduh Berkhasiat Ampuh

Kersen atau biasa disebut talok, seri, ceri atau keres (Muntingia calabura. L.), merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh disekitar kita, dan sering ditanam sebagai teduhan karena mudah rindang yang sangat cocok sebagai tanaman penghijauan.
Selain sebagai tanaman peneduh tersebut, Kersen ternyata mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat. Dikutip dari Tabloid Cempaka, bahwasannya bagian dari tanaman Kersen yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita adalah bagian daun dan buahnya. Buahnya yang sudah masak biasanya berwarna kemerahan, sangat bermanfaat untuk mengurangi / sebagai pereda penyakit asam urat, sedangkan daun keres bermanfaat bagi penderita Diabetes.
Daun tanaman kersen memiliki kandungan senyawa Tanin Flavonoid dan Saponin, yang berperan sebagai antiseptik, anti inflamasi dan anti radang serta anti tumor. Senyawa golongan Flavonoid dalam tubuh kita, berperan sebagai anti oksidan yang merangsang tersekresinya hormon Insulin yang diperlukan perannya untuk metabolisme gula dalam tubuh. Hal inilah yang merupakan manfaat yang dapat diambil bagi penderita Diabetes, karena penderita Diabetes mempunyai masalah utama dengan ketersediaan hormon Insulin.
Menurut pakar tanaman obat Drs. Suhardjono, Apt. MSi yang dikutip dari Tabloid Cempaka, buah Kersen mengandung kadar Purin yang rendah, serta kandungan air yang tinggi (77,8 gram). Dengan kandungan air yang tinggi dalam buahnya tersebut, buah kersen yang dikonsumsi dapat berperan dalam melarutkan Purin berlebih yang mengendap di ginjal dan persendian (asam urat/radang sendi), sehingga dengan terlarutnya purin pada ginjal dan persendian tersebut asam urat/radang sendi dapat diredakan dan teratasi. Selain itu buah kersen mengandung vitamin C sebanyak (80,5 mg) dan kandungan Kalsiumnya (124,6 mg) lebih tinggi, dibandingkan buah mangga yang hanya mengandung vitamin C (30 mg) dan Kalsium buah Mangga (15 mg).

Publisher

Comments