TOP News
Home » Health Tips » Ini Dia Cara Alami Tubuh Atasi Cuaca Dingin
Ilustrasi menahan hawa dingin

Ini Dia Cara Alami Tubuh Atasi Cuaca Dingin

diwarta.com – Apa anda merasakan kedinginan beberapa waktu terakhir ini? Walaupun nampak sepele cuaca dingin juga dapat membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Terutama jika Anda berada di tempat yang basah dan dingin.

Walaupun begitu, tubuh punya cara tersendiri untuk beradaptasI dengan cuaca dingin. Sama seperti ketika menghadapi cuaca panas, tubuh juga punya cara-cara alami untuk mengatasi hawa dingin yang menyerangnya. Tubuh harus mempertahankan temperatur hangat yang ada di dalam agar bisa bertahan di cuaca dingin.
Berikut adalah beberapa cara alami yang dilakukan tubuh seperti dilansir oleh Live Science (02/01).

1. Mengurangi pengeluaran energi
Alaminya, tubuh kita akan selalu mencari sumber untuk membakar energi agar tetap merasa hangat dimana tubuh akan mengalokasikan energi dengan sangat hati-hati ke seluruh tubuh. Selama proses ini berlangsung tubuh akan mengurangi sebagian kontraksi otot dan merealokasikan jumlah karbohidrat yang akan digunakan. Ketika suhu mulai menurun dan menjadi lebih dingin, sistem saraf akan melambat dan impuls yang menggerakkan otot-otot akan bekerja lebih pelan.
Karbohidrat digunakan lebih banyak oleh tubuh untuk bisa memproduksi asam laktat. Sistem syaraf yang dikombinasikan dengan asam laktat yang bekerja secara perlahan akan membuat tubuh bekerja lebih lambat dan menahan kehangatan dalam tubuh.

2. Aliran darah berkurang
Cuaca yang dingin akan menyebabkan pembuluh darah mengerut dan memperlambat aliran darah. Hal itu terjadi pertama kali adalah di sekitar tangan, kaki, dan kulit jari. Itulah mengapa daerah-daerah tersebut mudah terasa dingin dibandingkan yang lain. Cara ini dilakukan oleh tubuh agar jumlah panas yang keluar dibatasi, dan menjaga kehangatan di dalam.
Jika panas yang ada di dalam tubuh semakin banyak, kemungkinan tubuh untuk bertahan semakin tinggi. Akan tetapi cara ini juga berisiko bagi orang yang memiliki riwayat hipertensi dan jantung. Pembuluh darah yang mengerut dapat menyebabkan tekanan darah naik dan mempengaruhi bagaimana darah diterima oleh jantung. Ini juga membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya.

3. Mulai menggigil
Untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, tubuh kita akan memproduksi panas dari dalam dengan mempersilakan otot-otot dan organ untuk bergerak, yang biasa kita sebut menggigil. Meski cara ini menggunakan lebih banyak energi dan tak terlalu efisien untuk menghasilkan panas, namun para peneliti menjelaskan bahwa cara ini baru dilakukan tubuh ketika suhu pada kulit mulai dingin.

Sejatinya tubuh kita telah dikaruniai mekanisme alami untuk dapat bertahan hidup. Hal ini penting karena manusia selalu dihapdapkan dengan segala bentuk cuaca yang berubah-ubah baik panas maupun dingin. Akan tetapi pada kasus yang ekstirm, tubuh tidak lagi bisa mempertahankan panas dalam dirinya dan tak bisa memproduksi panas. Akibatnya tubuh akan mengalami masalah yang membahayakan nyawa, contohnya adalah hipotermia.

Publisher

Comments