TOP News
Home » Healthy Life » Asupan Makanan Berikut, Dapat Memicu Sakit Kepala
Coklat hitam
Img: forpiko.com

Asupan Makanan Berikut, Dapat Memicu Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mungkin setiap orang pernah mengalaminya terlebih bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan Hyper Tensi.

Namun, ternyata munculnya serangan sakit kepala ini tidak hanya dipicu oleh penyakit berat saja, akan tetapi juga dapat dipengaruhi oleh beberapa asupan jenis makanan ataupun minuman seperti halnya kopi, msg, es krim serta pisang.

Disamping itu, beberapa jenis asupan berikut ini juga diketahui mampu menjadi faktor munculnya sakit kepala.

Diawali oleh Keju, dalam keju terkandung enzim tyramine, enzim ini merupakan asam amino yang menjadi faktor pemicu meningkatnya tekanan darah tinggi serta dapat menyebabkan sakit kepala. Tyramine sendiri tercipta dari proses fregmentasi, dimana semakin lama masa fregmentasi, maka semakin banyak pula kandungan tyramine-nya.

Selanjutnya Coklat. Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada International Headache Society menunjukkan kakao dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah. Kandungan Theobromine dan Phenylethylamine pada coklat dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang mampu menimbulkan rasa sakit di kepala dapat muncul sesaat selepas mengonsumsi coklat.

Dan yang paling berbahaya adalah minuman alkohol. Hal ini dikarenakan dalam alkohol terkandung Sulfida, dimana Sulfida ini biasa digunakan sebagai pengawet dalam red wine menjadi salah satu faktor penyebab migrain. Disamping itu, minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak serta menjadi memicu terjadinya dehidrasi yang mana keduanya merupakan penyebab sakit kepala.

*(dari berbagai sumber)

Publisher

Comments