TOP News
Home » Health Tips » Cegah Pembekuan Darah dengan Apel
Buah Apel
Img: lagalus.com

Cegah Pembekuan Darah dengan Apel

Mengonsumsi satu buah apel setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang bisa mengancam jiwa seseorang. Pembekuan darah adalah salah satu pemicu serangan penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian di Harvard Medical Shool diketahui bahwa Buah Apel mengandung bahan kimia yang disebut dengan “rutin”, rutin adalah sebuah agen anti-pembekuan darah dalam pembuluh nadi serta vena.

Rutin dapat dijumpai pada apel, bawang, jeruk, teh hitam dan hijau, yang mana dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan di masa depan dalam melindungi jantung dari serangan penyakit jantung.

Pada penelitian tersebut, team peneliti menjumpai adanya bahan kimia yang dapat memblokir enzim berbahaya yang memiliki peran dalam proses pembekuan darah. Enzim tersebut adaalh rotein disulfida isomerase (PDI) yang dilepaskan dengan sangat cepat sewaktu terjadi gumpalan darah terjadi dalam vena dan arteri.

Seperti dilansir dari laman Foxnews bahwa Prof Robert Flaumenhaft pimpinan dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa “Rutin terbukti mampu menjadi senyawa yang memiliki potensial anti-pembekuan darah yang pernah kami uji”, penemuan tersebut menunjukkan jika rutin mampu mengobati serta mencegah berbagai jenis gumpalan darah.

Disamping mengenyangkan yang dapat membantu program diet seseorang, mengonsumsi buah apel ternyata juga dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, tidak ada ruginya jika mengonsumsi buah apel setiap hari untuk meningkatkan kesehatan.

Publisher

Comments