TOP News
Home » Health Tips » Cegah Anemia dengan Zat Besi (Fe)
Sayuran segar sumber zat besi
Img: shnews.co

Cegah Anemia dengan Zat Besi (Fe)

Zat besi adalah zat dalam tubuh manusia yang memiliki kaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Zat Besi Dalam tubuh manusia mempunyai peran dan fungsi sangat penting dan beberapa diantaranya adalah:
Mengangkut electron sewaktu terjadinya proses pembentukan energi dalam sel
Mengangkut Oksigen yang berasal dari paru-paru dan menyebarkannya keberbagai jaringan

Seseorang mungkin tidak suka terhadap makanan yang mempunya kandungan zat besi tinggi seperti hati dan jeroan yang lain. Akan tetapi kebutuhan mineral yang mampu untuk meningkatkan fungsi sel darah merah dan pencegah anemia ini juga harus tetap terpenuhi.

Oleh karena itu, cobala untuk memperoleh asupan zat besi selain dari (hati dan jeroan lainnya) seperti makanan laut, daging tanpa lemak, kacang-kacangan serta sayuran berdaun hijau. Tercukupinya asupan zat besi dalam tubuh sangat bermanfaat terhadap seseorang yang sedang menstruasi maupun hamil, bahkan beberapa doker meresepkan suplement terhadap seseorang yang akan menjalani operasi.

Mengonsumsi sayuran segar berwarna hijau akan dapat mencukupi zat besi dalam tubuh, disamping itu sayuran berwarna hijau juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini disebabkan karena sayuran tersebut kaya akan betakaroten (Antioksidan).

Publisher

Comments