TOP News
Home » Health Tips » Berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih
Daun sirih

Berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Manfaat dan khasiat daun memang sudah lama dikenal. Orang jawa biasanya menyebut Daun sirih ini dengan nama ‘SURUH’, Daun sirih sendiri memiliki nama latin Piper betle L yang mana merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Di beberapa wilayah bagian Indonesia ada suatu tradisi dimana seseorang lebih suka mengunyah daun sirih.

Kandungan Daun Sirih
Daun sirih yang biasa merambat pada tanaman lain ini memiliki zat yang sangat berguna untuk kesehatan khususnya yang sudah diolah dan diambil minyaknya. Minyak atsiri yang berasal dari dari daun sirih ini mengandung betiephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih
Tanaman ini memiliki banyak manfaat dalam proses mencegah gangguan kesehatan dan mampu mengobati beberapa jenis penyakit. Dalam farmakologi China, sirih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat hangat dan pedas. Dalam tradisi China tersebut daun sirih digunakan untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan sangat manjur untuk menghilangkan gatal di badan.

Daun sirih juga dipercaya mampu menahan dan menghentikan perdarahan serta ampuh untuk menyembuhkan luka pada kulit. Tak tanggung-tanggung khasiat daun sirih pun juga mampu mengatasi gangguan saluran pencernaan. Banyak orang yang percaya bahwa daun sirih terbukti mampu mengurangi bau badan tak sedap yang ditimbulkan oleh bakteri serta beberapa wanita menggunakan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaannya, konon daun sirih mampu mengatasi keputihan.

Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol yang terdapat pada daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan para petani untuk bahan pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap yang biasa terjadi pada tanaman lada.

Sumber: (disadur dari berbagai sumber)

Publisher

Comments